Perbedaan Pedagang, Entrepreneur, Bisnisman dan Konglomerat

Orangterkaya-id.blogspot.com - Note ini hanya untuk menambah wawasan, tidak bermaksud untuk menggurui. Mengapa harus memahami hal ini?

Berbisnis dan berdagang adalah sama-sama menghasilkan, yang membedakan adalah mindsetnya. Kita perlu memahami hal ini agar tidak melakukan kekeliruan lanjutan dalam menjalankan usaha kita.

BERDAGANG: titik beratnya kepada hasil/keuntungan instan dan langsung dapat dirasakan. 
BERBISNIS: lebih menitikberatkan pada hasil jangka panjang yang lebih besar.

Lalu Apa Perbedaan Definisi dari Pedagang, Entrepreneur, Bisnisman dan Konglomerat?

1. Pedagang hanya sekedar mengambil selisih harga barang tanpa memberikan nilai tambah, Misal beli keju dari pabrik 5000 jual ke konsumen 6000, that's it.

2. Entrepreneur memberikan nilai lebih dari apa yang ia jual, harus diingat definisi entrepreneur sendiri adalah orang yang memberikan solusi atas permasalahan yang ada (diambil dari ASHOKA). Sebagai contoh, ketika kita beli singkong seharga 1000, lalu di olah menjadi keripik dan bisa di jual 10.000, itu adalah pekerjaan entrepreneur.

3. Bisnisman, ketika seorang entrepreneur mampu menguasai jalur produksi dari hulu ke hilir, maka bisa dibilang dia menjadi seorang bisnisman, karena dia telah memegang kendali dari seluruh proses produksi, distribusi, hingga marketing.

4. Konglomerasi, banyak orang berpendapat kalau konglomerasi ini adalah bagaimana memiliki modal besar,  konglomerasi adalah bagaimana kita menguasai sistem setelah kita memegang sebuah jaringan bisnis dari hulu ke hilir, sistem yang memungkinkan kita menguasai pasar baik dari segi produksi maupun distribusi. Contoh adalah bill gates, bagaimana microsoft bisa mengendalikan pasar dengan meracuni semua orang untuk menggunakan microsoft.

Tolong dibenerin kalo salah ya.. :)

Source : Kaskus

Sekian update informasi kali ini seputar Artikel Beda antara Pedagang, Entrepreneur, Bisnisman dan Konglomerat Terbaru 2014. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi anda semua. Salam.
at 9:28 PM

Belum ada komentar untuk "Perbedaan Pedagang, Entrepreneur, Bisnisman dan Konglomerat"

Post a Comment

Back to Top