Bisnis Kuliner - 15 Tips dan Strategi Sukses Memulai Bisnis Rumah Makan


Bisnis Kuliner - 15 Tips dan Strategi Sukses Memulai Bisnis Makanan

Tips, Kiat dan Jurus Jitu Untuk Memulai Bisnis Usaha Kuliner Terbaru Tahun 2014
Orangterkaya-id.blogspot.com - Kali ini admin akan berbagi tips sukses dalam bisnis rumah makan. Ada trik tertentu yang bisa dilakukan supaya bisnis kuliner bisa bertahan dan tidak cepat bangkrut. Dunia kuliner merupakan bisnis yang paling rawan gulung tikar. Namun, seseorang yang ingin atau sudah menjalankan bisnis kuliner harus memiliki konsep yang unik, matang dan lebih dari satu untuk bisnis kulinernya.

Dalam usaha kuliner, rata-rata seorang kurang dari satu tahun bisa memperoleh untung atau pengembalian investasi. Selain itu menurutnya, bisnis kuliner merupakan bisnis yang untungnya cepat namun cepat juga tutup kalau tidak ada inovasi.


Usaha makanan, masakan atau kuliner dan yang paling trendnya adalah rumah makan,  restoran dan cafe merupakan pilihan yang paling banyak dipilih untuk dijadikan ladang usaha. Tapi untuk memulainya bukan hal yang mudah, karena kita harus memiliki beberapa pengetahuan agar bisnis yang akan kita buat tidak mengalami bankrupt.

Berikut 10 Tips Untuk Memulai Bisnis Rumah Makan

1.    Pintar Dalam Memilih Jenis Makanan
Pilihlah makanan yang dietahui & dikuasai resepnya beserta dengan cara pembuatannya. Mulai dari yang biasa sampai yang luar biasa susahnya. Seperti, jika anda ingin membuka restoran khas sulawesi,yang menyediakan nasi kuning,maka berusahalah membuat nasi kuning yang nikmat.

2.    Melakukan Riset
Melakukan riset merupakan salah satu hal penting sebelum memulai usaha,usahakan riset mengenai makanan apa yang belum terjual di sekitar tempat anda akan membuka usaha,dan usahakan di tempat tersebut anda tidak memiliki saingan

3.    Jual lah Menu yang Beda Dari Yang Lain
Jika anda membuka restoran atau usaha kuliner dan memiliki banyak pesaing di daerah tersebut usahakan anda menciptakan beberapa inovasi dari menu restorant anda misalanya ,jika pesaing anda menjual Ayam Goreng,usahakan anda membuat menu yang beda,atau jika memang menu yang sama usahakan membuat nama yang berbeda ,misalanya Ayam Goreng Ketawa,yang merupakan hal unik yang membuat orang penasaran untuk mencobanya.

4.    Perhatikan Harga Jual Daerah Sekitar Tempat Usaha
Pada saat memulai bisnis kuliner usahakan mulai dengan harga yang memiliki untuk sedikit untuk menarik pelanggan dan berikan kualitas yang baik.

5.    Bersikap Ramah Kepada Pelanggan
Bersikap ramah kepada pelanggan merupakan hal wajib,yang membuat orang merasa betah dan ingin kembali ke restoran anda,dan jika anda memiliki karyawan,usahakan karyawan tersebut bisa bersikap ramah kapada semua pelanggan.

6.    Perhatikan Permintaan Pelanggan
Perhatikan pesanan dari pelanggan pada saat memesan menu,karena setiap pelanggan memiliki selera yang berbeda,seperti admin kalo pesan bakso selalu meminta agar tidak di beri sambel,ini bertujuan agar pelanggan tidak kecewa.

7.    Jaga Kebersihan Tempat Usaha
Kebersihan merupakan daya tarik lain untuk pelanggan,karena pelanggan akan merasa nyaman pada saat makan ketika tempat usaha kita bersih dan jauh dari hal hal yang kotor,seperti sampah lalat dan sebagainya.

8.    Lakukan Peningkatan
Jika pelanggan semakin banyak atau bahkan kita sudah memiliki pelanggan tetap usahakan,untuk merekrut tambahan pegawai dan lakukan pembesaran pada tempat usaha untuk meningkatkan mutu dari pelayanan usaha kita.

9.   Buat Jam Operasional Tetap

Buat Jam Operasional tetap untuk mempermudah pelanggan dan menambah jumlah pelanggan tetap dengan cara mempatenkan jam buka dan jam tutup dari usaha kita.agar tidak membingungkan pelanggan.

10.  Lakukan Promosi 
Promosi merupakan hal penting dalam usaha,meskipun mutu pelayanan kita tinggi namum tidak ada orang yang tahu,usaha kita tidak akan meningkat maka dari itu kekuatan promosi sangatlah penting,dan jaman teknologi sekarang akan mempermudah kita untuk melakukan promosi seperti di facebook, bc pada blackberry dan melalui website /blog.

5 Kunci Sukses Bisnis Kuliner di Tahun 2014
Menjamurnya usaha makanan ini membuat pebisnis dituntut lebih kreatif menjual makanannya. Dan jika ingin sukses dan berhasil, cermati lebih dahulu 5 faktor yang menentukan keberhasilan usaha makanan.
  1. Tempat. Untuk yang satu ini, pasti harus memilih yang strategis dan harus mempertimbangkan target konsumen yang dituju. 
  2. Kualitas makanan. Harus enak dan juga makanan yang disajikan harus aman dikonsumsi bagi kesehatan. 
  3. Promosi. Selain lewat internet, brosur, papan iklan, ada cara promosi lain yang lebih jitu. Promosi dari mulut ke mulut lebih jitu menarik pasar. Karenanya, pebisnis kuliner perlu menjaga kualitas makanan dan pelayanan. Masyarakat cenderung lebih memercayai kualitas yang diakui oleh pelanggannya. 
  4. Standar Operational Procedure (SOP). SOP mencakup faktor pelayanan, menu dan penyajian. Sebaiknya ketiga faktor ini disesuaikan dengan standar yang berlaku. 
  5. Persepsi. Hal ini berkaitan dengan simbol atau ciri yang digunakan dalam eksterior dan interior, kemasan makanan, dan pelayanan terhadap konsumen. Cara ini akan memudahkan orang mengingat dan datang kembali ke bisnis kuliner kita.
 Bisnis Kuliner - 15 Tips dan Strategi Sukses Memulai Bisnis Makanan
13 Jurus Sukses di Jalur Wirausaha Kuliner
Dalam buku Restaurant Owners Uncorked, Wil Brawley berbagi strategi dari para pemilik restoran ternama kelas dunia. Jika Anda tertarik mengembangkan bisnis restoran, simak kiat mereka.
  1. Anda harus berpikir jangka panjang ketika memilih investor. Anggap saja seperti menikah dan membangun keluarga. Mereka harus memercayai Anda dan sebaliknya — Dave Query, Big Red F Restaurant Group, Boulder, Colorado. 
  2. Anda tak akan pernah memiliki pelanggan yang bahagia, jika Anda tak memiliki karyawan yang bahagia. Pertama, fokuslah pada karyawan Anda. Perlakukan mereka dengan baik dan penuh respek - Keith Paul, A Good Egg Dining Group, Oklahoma City
  3. Anda harus punya sikap yang menunjukkan penuh keyakinan bahwa bisnis ini pasti berhasil. Hasilnya akan mengagumkan jika tubuh dan pikiran merespon keyakinan Anda - Matt Frey, Bub’s Burgers & Ice Cream, Carmel, Indiana
  4. Milikilah keahlian hebat pada beberapa hal, bukan keahlian rata-rata pada banyak hal - Phil Roberts, Parasole Restaurant Group, Minneapolis.
  5. Selalu siap bekerja saat orang lain hanya bermain-main dengan bisnis mereka — Phil Roberts, Parasole Restaurant Group, Minneapolis
  6. Jika Anda ingin bisnis yang berkembang, buatlah bisnis Anda sederhana — Jon Myerow, Tria Café, Philadelphia.
  7. Seorang pemilik bisnis akan melalui jalan yang sangat sepi — Jon Myerow, Tria Café, Philadelphia.
  8. Kompetisi terbesar bukanlah untuk pelanggan tetapi staf. Jika Anda siap berkompetisi dalam usaha mendapatkan karyawan terbaik dan Anda berhasil, pelanggan Anda akan mengikutinya - Jon Myerow, Tria Café, Philadelphia.
  9. Kemitraan 50/50 tidak selalu berhasil. Berusahalah agar Anda bisa memegang lebih dari 50% sehingga Anda selalu membuat keputusan final - Chester Kroeger, Fudpucker’s, Destin, Florida.
  10. Singkirkan ego Anda. Pada akhirnya, ini adalah bisnis. Jika Anda melakukan pendekatan mengikuti ego, Anda akan gagal — Emad Yacoub, Glowbal Group, Vancouver, BC.
  11. Jangan melebarkan sayap terlalu cepat karena Anda dapat menghancurkan seluruh bisnis - Chip Bair, Beau Jo’s, Denver, CO.
  12. Meskipun Anda mengenal mitra bisnis Anda, pastikan Anda juga mengenalnya saat ia berada dalam pertempuran panas - Jim Parker, Red Hat on the River, Irvington, NY. 
  13. Transparanlah dengan para staf dan Anda akan menuai kesetiaan dan kepercayaan - Scott Leibfried, Arch Rock Fish, Santa Barbara, CA.(Sumber: rd.com) 
Diolah dari berbagai sumber

Sekian update informasi kali ini seputar Artikel Bisnis Kuliner - Kumpulan Tips dan Strategi Sukses Memulai Bisnis Makanan Terkini 2014. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi anda semua. Salam.
at 3:44 PM

13 comments:

  1. sedikit share, bagaimana strategi jitu dalam bisnis online bisa dilihat di
    http://tasikpedia.blogspot.com/2014/11/3-strategi-ampuh-dalam-menjalankan.html
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

      Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

      Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

      Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

      Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

      Delete
  2. Rebat FBS TERBESAR – Dapatkan pengembalian rebat atau komisi
    hingga 70% dari setiap transaksi yang anda lakukan baik loss maupun
    profit,bergabung sekarang juga dengan kami
    trading forex fbsasian.com
    -----------------
    Kelebihan Broker Forex FBS
    1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
    2. FBS MEMBERIKAN BONUS 5 USD HADIAH PEMBUKAAN AKUN
    3. SPREAD FBS 0 UNTUK AKUN ZERO SPREAD
    4. GARANSI KEHILANGAN DANA DEPOSIT HINGGA 100%
    5. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANL LOKAL
    Indonesia dan banyak lagi yang lainya
    Buka akun anda di fbsasian.com
    -----------------
    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
    Tlp : 085364558922
    BBM : fbs2009

    ReplyDelete
  3. Anda mencari Penghisap asap dapur ?

    kunjungi web kami untuk menemukannya
    Banyak model dan tipe sesuai kebutuhan

    ReplyDelete
  4. Anda mencari container bekas, langsung saja..
    Hubungi :
    Antonius Aryo (0815-8652-2219)
    www.asiacontainers.com

    ReplyDelete
  5. AYO SEMUA BERMAIN DI TOGEL PELANGI JANGAN LEWATKAN PROMO MENARIK DARI KAMI

    HUBUNGI KONTAK Kami
    BBM : D8E23B5C
    WHAT APPS : +85581569708
    LINE : togelpelangi
    WE CHAT : togelpelangi
    LIVE CHAT 24 JAM : WWW-ANGKAPELANGI-NET
    Ayo coba keberuntungan anda
    jutaan rupiah menunggu anda

    ReplyDelete
  6. ide ide bisnis nya keren gan. harus dicoba salah satu. thank you

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Mencari agen p0ker online yang terpercaya? WWW. OPPOP0KER .VIP tempatnya
    Fair play 100% Player vs Player dan banyak bonusnya loh
    tunggu apa lagi segera daftarkan diri anda sekarang juga

    Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi CS kami di:
    - Livechat : WWW. OPPOPOKER .VIP
    - BBM : 55A40723
    - WA : +6287843026179

    AGEN POKER
    AGEN POKER TERPERCAYA
    BANDAR CEME ONLINE TERBAIK
    BANDAR CEME TERPERCAYA
    BANDAR DOMINOQQ
    FREEBET GRATIS

    ReplyDelete
  9. sabung ayam online terbaik dan ter

    https://rajasabungs128.com/panduan-merawat-ayam-bangkok-aduan-pama/

    Link Official Bolavita : http://159.89.197.59/
    Telegram : +62812-2222-995
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    ReplyDelete
  10. Permainan Sabung Ayam Online di Agen BOLAVITA , dengan minimal deposit hanya Rp 25.000 saja , dan minimal betting hanya Rp 10.000 saja sudah bisa mainkan permainan Sabung Ayam

    http://agensabungayam.logdown.com/post/7858184-cara-pemberian-buah-pisang-pada-ayam-jago-aduan-dengan-benar

    Produk Kami Judi Sabung Ayam Online S128, SV388 & KungfuChiken.

    https://www.sateayam.vip/
    https://m1.hj128.vip/
    Daftar Sabung Ayam sv388
    Daftar Sabung Ayam Online S128

    Agen Sabung Ayam Online Bolavita Banyak Bonus dan Promo Mari Bergabung :

    Promo Sabung Ayam Terbaru 8x Win Beruntun.
    Bolavita Bisa Deposit Via OVO & GO-Pay.
    Sabung Ayam Deposit Via Pulsa XL & TSEL 25rb.

    Promo Promo BOLAVITA

    Telegram : +62812-2222-995
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    ReplyDelete
  11. Artikel yang bagus untuk menambah semangat berusaha di bidang kuliner. Kota Malang menjadi salah satu destinasi wisata yang populer juga menyajikan aneka pengalaman rasa makanan khas dan suasana. Beberapa agenda kegiatan di Malang akan tepat didampingi dengan kudapan snack box kota malang atau kue kotak acara seminar, pelatihan, liburan, arisan, dan sebagainya. Umumnya masyarakat menyukai kue basah daripada roti yang mungkin sering dikonsumsi harian. Namun selera konsumen berbeda-beda, dikembalikan kepada penikmat konsumsi acara.

    ReplyDelete
  12. Jangan lewatkan Promo meriah akhir tahun 2019 di Agen Bolavita !

    Bolavitamenyediakan berbagai jenis taruhan online seperti Sabung Ayam Live, Casino, Sportsbook seperti Taruhan Bola, Basket, Futsal, Boxing, Balapan GP, Bola Tangkas, Togel Online, Tembak Ikan, Slot, Ding-Dong, Bingo, Poker Online, Dan Masih banyak lainnya yang sangat lengkap !

    Promo Bagi-Bagi Hadiah ! Event ini mulai 1-30 Desember 2019 !
    » Hp Samsung Galaxy S10
    » Hp Vivo V17 Pro
    » Hp Xiaomi Note 7
    » Hp Oppo Reno 2
    » Hp Advan G3

    Promo Bonus Credit !
    • Bonus 10% Deposit Pertama
    • Bonus Cashback Mingguan s/d 10%
    • Bonus Referral 7% + 2%
    • Bonus 100% (bila anda 8x menang secara beruntun)

    Menerima Transaksi Deposit & Withdraw via Linkaja| Gopay | Ovo | Pulsa | Semua Jenis Rekening Bank Di Indonesia

    Link Pendaftaran : http://159.89.197.59/register/
    Link Layanan Live Chat (24 Jam Online) : https://bit.ly/2VD8fER
    Link Layanan Whatsapp (24 Jam Online) : https://bit.ly/31SZvwy

    Layanan 24 Jam Online Setiap Hari :
    » ID Wechat : Bolavita
    » ID Telegram : @bolavitacc
    » Nomor WA : +62812-2222-995
    » ID Line : cs_bolavita

    » Situs judi online Linkaja

    ReplyDelete

Back to Top