Profil Mochtar Riady Terbaru 2014 | Bankir Sukses Asal Indonesia


Orangterkaya-id.blogspot.com - Mochtar Riady adalah pebisnis Tionghoa yang sukses menjadi tokoh terkemuka di seluruh Asia Tenggara. Mochtar Riady, pendiri dan pemilik Lippo Group kini memiliki kekayaan senilai 2,5 miliar dolar amerika setara dengan 27,5 triliun rupiah (kurs 11 ribu). Mochtar Riady dikenal sebagai The Magic Man of Bank Marketing yang sukses membesarkan Bank Lippo. Sementara itu perusahaannya menggurita di dunia perbankan dan keuangan yang kini juga sudah memasuki berbagai bidang lain seperti properti, infrastruktur, elektronik, dan otomotif. 


Mochtar Riady lahir pada 12 Mei 1929 dan untuk pengelolaan perusahaannya kini diserahkan kepada  anaknya James Riady.

Li Wenzhen atau yang dikenal dengan nama Mochtar Riady sudah memulai suksesnya dengan mendirikan Grup Lippo yang terkenal dalam dunia perbankan. Beliau bahkan termasuk salah satu peringkat orang yang terkaya di Indonesia dengan bisnisnya yang berhasil dikembangkan dengan besar dan sukses. Tentunya Mochtar Riady sudah menginspirasi banyak orang untuk tidak berhenti menyerah sebelum cita-citanya benar-benar tercapai. Berikut adalah profil dari Mochtar Riady yang sudah menginspirasi banyak orang.

Keluarga
Mochtar Riady adalah seorang praktisi perbankan yang handal, seorang anak dari konglomerat keturunan Tionghoa-Indonesia yang berhasil mengembangkan bisnis mereka hingga ke mancanegara. Beliau lahir di malang, Jawa Timur dan menikah dengan seorang wanita asal Jember pada tahun 1951 bernama Suryawati Lidya dan dikaruniai empat orang anak. Ayahnya adalah seorang pedagang batik yang bernama Liapi dan ibunya bernama Sibelau. Kedua orang tuanya adalah perantau yang berasal dari Fujian dan pada akhirnya memutuskan untuk tiba di Malang pada tahun 1918. Dulunya, Mochtar Riady pernah ditangkap oleh pemerintah Belanda karena aksinya yang menentang dibentuknya Negara Indonesia Timur, bahkan sempat dipenjara.

Kekayaan
Dengan usaha perbankannya, beliau dinobatkan menjadi orang terkaya di Indonesia yang menduduki peringkat ke sebelas. Kekayaan yang dimiliki oleh beliau adalah US$ 2,2 miliar atau setara dengan Rp.20,9 triliun mejelang akhir 2012 yang tentunya tidak didapatkan dengan sembarangan. Beliau sampai belajar sampai ke negeri China untuk memperdalam ilmunya.

Bisnis dan Perusahaan
Saat ini, Bank Lippo sendiri sudah memiliki beberapa cabang bisnis yaitu jasa keuangan seperti asuransi, reksadana, perbankan, dan lainnya. Juga preperti dan urban development. Pembangunan infrastuktur semacam pembangkit tenaga listrik, gas, pembangunan jalan raya, dan lainnya. Juga bidang industri komponen elektronik, otomotif, dan juga yang lainnya. Grup Lippo memiliki paling tidak 50 anak perusahaan dengan jumlah karyawan yang kira-kira berkisar sebanyak 50 ribu orang. Tidak hanya di Indonesia saja, namun bisnisnya juga sudah merambah manca negara terutama di Fujian, Guang Zhou, Hong Kong, dan juga Shanghai. Pada awalnya, beliau membeli sebagian saham yang ada di Bank Perniagaan Indonesia yang dimiliki oleh Haji Hasyim Ning pada tahun 1981. Mochtar Riady pada akhirnya juga bergabung dengan Bank Central Asia dan sempat menduduki posisi yang sangat penting di bank milik Liem Sioe Liong tersebut. Beliau saat itu memilih untuk bergabung dengan BCA pada tahun 1975. Mochtar Riady menjadi salah satu orang kepercayaan Liem Sioe Liong dan akhirnya memutuskan untuk meninggalkan BCA pada tahun 1990 ketika BCA sudah mulai menanjak.

Ekspansi bisnis

Matahari adalah pusat perbelanjaan terbesar yang memiliki cabang di penjuru Indonesia. Pusat perbelanjaan ini memiliki 116 gedung di penjuru Indonesia dan fokus pada penjualan aneka fasion. CVC membeli saham Matahari senilai 80% di April 2010, senilai $770 juta dari keluarga Riady sebagai pemilik semua saham. Bisnis lainya yaitu Lippo Karawaci, melalui PT. Lippo Karawaci Tbk. memiliki visi membangun kota satelit yang hijau dan layanan kelas satu.
Lebih dari satu dekade, perusahaan membangun namanya sebagai pengembang terbaik dengan merek yang mudah dikenal. Melalui merjer delapan perusahaan sejenis di 2004, membuat perusahaan memiliki visi lebih yaitu pengembangan kehidupan urban, retailer, hotel dan kenyamanan. Lippo Karawaci adalah perusahaan properti terbesar di Indonesia dengan kapitalisasi besar, aset dan pendapatan tinggi, serta pengembangan yang unik dan terintegrasi.
Kedua putranya, James Riady adalah CEO untuk operasi perusahaan di Indonesia, dan Stephen Riady adalah CEO untuk operasi di Asia, khususnya di Hong Kong. Dengan segala macam bisnisnya, Mochtar Riady memiliki $2,2 miliar atau setara Rp.20, 9 triliun.

Riwayat Hidup
Mochtar Riady, dengan segala kehebatan ilmu perbankannya bahkan dikenal dengan nama The Magic Man of Bank Marketing. Hal ini terjadi karena ia sangat handal dalam hal perbankan yang memiliki banyak ide untuk memecahkan segala masalah keuangan. Beliau sempat mengambil kuliah di Universitas Indonesia dan berkenalan dengan beberapa orang yang hebat dalam bidah ekonomi seperti Emil Salim, Ali Wardhana, dan masih banyak lagi sehingga kemampuannya semakin terasah dan menjadi salah satu yang juga sangat berpengaruh dalam bidang ekonomi dengan Group Lipponya.

Sekan update informasi kali ini seputar Biografi Singkat Bankir Jenius Mochtar Riady Terkini 2014 yang begitu unggul di dunia perbankan. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi anda semua. Salam Sukses!!

Belum ada komentar untuk "Profil Mochtar Riady Terbaru 2014 | Bankir Sukses Asal Indonesia"

Post a Comment

Back to Top