8 Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik Indonesia 2014

8 Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik Indonesia 2014

Orangterkaya-id.blogspot.com - Anda baru saja membeli mobil. Langkah penting selanjutnya adalah mempertimbangkan pemilihan asuransi mobil terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 


Seberapa pentingkah asuransi mobil di masa sekarang ini? Sepertinya Anda sepakat jika asuransi mobil itu sangat penting sekali, terutama jika Anda tinggal di kota besar seperti Jakarta. Tiap hari ada saja resiko yang bakal mengancam mobil saat berkendara. Kecelakaan, kerusakan lecet akibat terserempet motor, atau bahkan kehilangan mobil karena dicuri, semuanya bisa terjadi dan pastinya resiko itu tak ingin diambil oleh pemilik mobil. Jadi dengan memilih dan memiliki asuransi mobil yang tepat adalah keputusan yang tepat agar dapat membantu Anda menjaga keamanan mobil.

Era digital seperti sekarang ini, Anda dapat membandingkan beberapa perusahaan asuransi mobil terpercaya dengan harga premi asuransi mobil yang murah melalui situs perbandingan secara online.

Situs perbandingan biasanya menawarkan pilihan pertanggungan dan premi beserta nilainya, namun di luar hal tersebut, ada beberapa hal lain yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan nilai terbaik dari premi yang Anda bayarkan. Ketelitian dalam memilih ini dapat memberi dampak yang signifikan terhadap premi Anda. Simak penjelasannya berikut ini.

 1.   Mengunjungi situs-situs perusahaan asuransi.

Fokuskan perhatian Anda tidak hanya pada paket layanan asuransi mobil yang ditawarkan, tetapi juga detil-detil kecil seperti ketersediaan layanan pelanggan secara umum, penjelasan mengenai prosedur atau langkah-langkah penanganan klaim, perpanjangan polis, dan prosedur pembayaran. Pastikan perusahaan asuransi yang menjadi target Anda responsif terhadap pertanyaan, permintaan, saran dan masukan Anda. Beberapa situs juga menyediakan tips-tips seputar asuransi mobil, juga daftar bengkel yang menjadi rekanan mereka. Daftar ini dapat membantu Anda membuat keputusan.

 2.  Mengecek situasi keuangan perusahaan asuransi.

Umumnya, Anda dapat mengetahui hal ini dengan membaca atau menonton berita. Jika Anda tidak mempunyai banyak waktu, Anda dapat mengecek melalui mesin pencari. Untuk tujuan transparansi, sebagian situs perusahaan di masa kini dilengkapi dengan laporan keuangan perusahaan dalam bentuk PDF yang dapat diunduh. Anda dapat mengecek melalui laporan keuangan semacam ini. Tujuan pengecekan ini adalah untuk mengetahui keberlanjutan perusahaan di masa yang akan datang. Tentunya Anda tidak ingin mendapat premi murah dari perusahaan yang sudah akan bangkrut saat Anda perlu mengajukan klaim.

 3.  Mengunjungi forum online.

Forum online adalah tempat orang berbagi tentang topik tertentu, termasuk asuransi mobil. Cari tahu pendapat orang mengenai perusahaan asuransi incaran Anda atau pengalaman orang dengan perusahaan lain yang mungkin dapat membantu Anda mengumpulkan informasi.

 4.  Melakukan survei ke bengkel rekanan.

Bengkel rekanan bergerak di bidang reparasi, yang tentunya merupakan salah satu bidang kerja yang dekat dengan industri asuransi. Berdasarkan praktek penanganan klaim oleh perusahaan asuransi tertentu yang pernah bekerja sama dengan bengkel-bengkel ini, Anda bisa mendapat masukan mengenai perusahaan mana yang paling kooperatif membayar klaim kerusakan atas kendaraan nasabah. Pada dasarnya, bengkel juga merupakan klien seperti Anda, yang memiliki pandangan atas perusahaan mana yang paling adil.

5. Perhatikan detail polis asuransi mobil Anda
Kadang ada asuransi yang mengeluarkan polis yang hanya berlaku dalam kondisi tertentu saja, sehingga hal ini menyulitkan pemakai asuransi mobil. Perhatikan dan baca secara detail polis asuransi mobil Anda sebelum Anda memutuskan untuk memilih asuransi mobil. Perhatikan kebijakan yang dikeluarkan oleh perusahaan asuransi lewat polisnya. Jangan sampai Anda menyesal memilih asuransi mobil yang tidak tepat, karena ternyata polis asuransinya menyulitkan Anda dalam meminta klaim saat terjadi sesuatu dengan kendaraan Anda. 
Polis asuransi kendaraan sendiri saat ini kita sudah memiliki Polis standard yang digunakan khusus di wilayah Indonesia (terbitan lokal) yaitu POLIS STANDARD ASURANSI KENDARAAN BERMOTOR INDONESIA.

6. Perhatikan pelayanan lain asuransi mobil Anda
Kondisi yang tak diinginkan terhadap mobil Anda biasanya terjadi secara mendadak. Untuk itu perlu sekali Anda perhatikan layanan apa saja yang diberikan dalam asuransi mobil yang Anda pilih. Pastikan ada hot line yang siap menerima keluhan/klaim 24 jam, ada derek mobil, ada kantor cabang yang dekat dengan lokasi tempat tinggal Anda, dan pelayanan lainnya seperti bantuan gawat darurat yang siap membantu Anda ketika mobl Anda bermasalah.

7. Pilihlah asuransi mobil yang wajar
Jangan tergiur dengan asuransi mobil yang murah. Harga yang Anda bayar untuk asuransi tentunya akan sesuai dengan pelayanan yang Anda dapatkan. Pilihlah asuransi mobil yang memiliki kebijakan premi asuransi yang wajar dan sesuai dengan kebutuhan mobil Anda. 

Anda bisa menjadikan poin-poin diatas untuk  patokan saat memilih asuransi mobil. Memilih asuransi mobil yang tepat itu sangat perlu agar Anda tidak menyesal karena memilih asuransi mobil yang tidak sesuai keinginan. Sehingga mobil Anda benar-benar terlindungi ketika ada kejadian atau hal-hal yang tak diinginkan yang siap mengancam mobil Anda setiap harinya.

8.  Memastikan Anda mendapat nilai terbaik.

Meskipun perusahaan asuransi berlomba-lomba dalam menetapkan premi mereka yang kompetitif, bukan berarti asuransi terbaik adalah asuransi dengan nilai premi paling murah. Umumnya, murah berarti Anda hanya akan mendapatkan pertanggungan dasar. Pastikan bahwa dengan harga terjangkau, pertanggungan yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan Anda.
Artikel ini tidak hanya untuk Anda yang merupakan calon pembeli asuransi mobil baru tetapi juga untuk Anda yang ingin mengganti polis Anda, karenanya berikut kami sajikan beberapa tips tambahan:
  • Pastikan polis asuransi Anda mencerminkan kebutuhan Anda saat ini. Kadang orang menyetujui polis asuransi saat pertama kali mereka membeli mobil, dan membayar premi setiap bulan tanpa mengecek ulang apakah pertanggungan yang Anda bayarkan masih relevan dengan situasi Anda. Ada beberapa kondisi dalam polis Anda yang mungkin tidak berlaku lagi, contohnya: status pernikahan, sejarah mengemudi, atau frekuensi berkendara Anda.
  • Sisihkan uang jika Anda ingin mengurangi salah satu pertanggungan dalam polis Anda. Mungkin Anda mengendarai mobil tua dan tidak ingin membayar premi yang nilainya tidak sebanding dengan nilai mobil Anda. Untuk situasi seperti ini, ada baiknya Anda berjaga-jaga dengan tabungan khusus jika sewaktu-waktu mobil Anda mengalami kecelakaan.
Intinya adalah Anda tidak disarankan untuk mengambil jenis pertanggungan minimum, tetapi juga sebaiknya tidak mencantumkan seluruh pertanggungan ke dalam polis. Andalah yang paling mengerti kebutuhan Anda sendiri dan paling dapat menganalisis perilaku berkendara Anda. (Sumber Artikel: imoney.co.id)

Sekian update informasi kali ini seputar 8 Tips Cara Jitu Memilih Asuransi Mobil Terbaik Indonesia Tahun 2014. Semoga bermanfaat untuk anda semua yang sedang bingung pilah-pilih asuransi kendaraan paling bagus. Salam.
at 7:31 AM

Belum ada komentar untuk "8 Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik Indonesia 2014"

Post a Comment

Back to Top