Perusahaan Asuransi Jiwa dan Umum Terbaik Indonesia Tahun 2014 | Lengkap


Orangterkaya-id.blogspot.com - Top Best Insurance in Indonesia. Asuransi merupakan perlindungan terhadap diri, keluarga, serta harta benda bila terjadi suatu musibah ataupun bencana. Asuransi diklasifikasikan berdasarkan kejadian yang tidak dikehendaki, yaitu asuransi jiwa (life insurance), dan asuransi umum / non – jiwa (property and casualty insurance)


Di Indonesia ada berbagai jenis asuransi yang berbeda-beda. Berbagai perusahaan Asuransi menawarkan mereka berbagai macam harga dan ketentuan. Maka kita harus pintar dan jeli memlih perusahaan asuransi agar tidak dirugikan ketika akan kali asuransi.

Majalah keuangan nasional, Infobank, pada tahun 2013 lalu merilis daftar perusahaan-perusahaan asuransi jiwa terbaik yang terlihat dari rekam jejak kinerja keuangan perusahaan. Pemeringkatan kali ini dilakukan dengan menilai kinerja perusahaan asuransi jiwa berdasarkan 10 kriteria.

Chief of Research Biro Riset Infobank, Ateng Anwar Darmawijaya mengungkapkan pendekatan penilaian perusahaan asuransi berkinerja terbaik ini dihitung berdasarkan indikator Risk Based Capital (RBC), rasio likuiditas, dana jaminan/cadangan teknis, investasi/cadangan teknis plus utang klaim, dan aktiva tetap/modal sendiri.

Kriteria lain yang dimasukan dalam penilaian adalah perubahan pendapatan premi bruto dan modal sendiri, premi bruto/rata-rata modal sendiri, pendapatan investasi neto/rata-rata investasi, rasio beban klaim neto/pendapatan premi neto, rasio laba dengan rata-rata modal sendiri.

Dari hasil penilaian tersebut, Infobank melaporkan terdapat tiga perusahaan asuransi yang berpredikat tidak bagus sementara empat perusahaan lain tidak ikut diperingkat karena status mutual. Selain itu, Infobank masih menemukan adanya perusahaan yang melaporkan kinerja keuangan tidak lengkap dan dua diantaranya berstatus Pembatasan Kegiatan Usaha (PKU).

Dalam pemeringkatkan kali ini, Infobank membedakan peringkat perusahaan asuransi jiwa berdasarkan premi bruto yang dimiliki perusahaan. Berikut adalah perusahaan asuransi jiwa yang memperoleh predikat sangat bagus: 
25 Perusahaan Asuransi Berkinerja Terbaik di Indonesia:

Perusahaan dengan premi bruto Rp1 triliun ke atas:

1. Asuransi Jiwa Mega Life
2. Asuransi Jiwa Bringin Jiwa Sejahtera
3. Commonwealth Life
4. Asuransi Allianz Life
5. Prudential Life Assurance

Perusahaan dengan premi bruto Rp200 miliar sampai Rp1 triliun:

1. Heksa Eka Life Insurance
2. Asuransi Cigna
3. Equity Life Indonesia

Perusahaan dengan premi brutonya di bawah Rp 200 miliar:

1. Asuransi Jiwa Kresna
2. Asuransi Jiwa Recapital

Sementara di industri asuransi umum, berikut perusahaan-perusahaan asuransi yang berhak menyandang peringkat sangat bagus:

Perusahaan dengan premi Rp 500 miliar keatas:

1. Asuransi Bangun Askrida
2. Raksa Pratikara
3. Jasaraharja Putera
4. Asuransi Adira Dinamika
5. Asuransi Indrapura

Perusahaan asuransi umum dengan premi bruto Rp100 miliar-500 miliar:

1. Pan Pasific Insurance
2. Central Sejahtera Insurance
3. Asuransi Tri Pakarta
4. Citra International Underwriters
5. Asuransi Multi Artha Guna

Perusahaan dengan premi bruto di bawah Rp 100 miliar:

1. Asuransi Raya
2. Asuransi Umum Videi
3. Asuransi Eka Lloyd Jaya
4. BESS Insuranse
5. Arthagraha General Insurance 

10 Besar Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik :
urutan Pertama, PT Prudential Life Assurance
urutan Kedua, PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG
urutan Ketiga, PT Asuransi Allianz Life Indonesia
urutan Keempat, PT Asuransi Jiwa Mulife Indonesia
urutan Kelima, PT AIA Financial
Urutan Keenam, Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912
urutan Ketujuh, urutan PertamaPT AXA Mandiri Financial Services
urutan Kedelapan, PT Indolife Pensiontama
urutan Kesembilan, PT Panin Life
urutan Kesepuluh, PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha

Berikut dibawah ini Daftar 10 Besar Perusahaan Umum Terbaik :
urutan Pertama, PT Asuransi Sinarmas
urutan Kedua, PT Asuransi Astra Buana
urutan Ketiga, PT Asuransi Central Asia
urutan Keempat, PT Panin Insurance Tbk
urutan Kelima, PT Asuransi Jasa Indonseia (Persero)
urutan Keenam, PT Asuransi Bina Dana Arta Tbk
urutan Ketujuh, PT Asuransi Jaya Proteksi
urutan Kedelapan, PT Asuransi Adira Dinamika
urutan Kesembilan, PT Asuransi Bangun Askrida
urutan Kesepuluh, PT Asuransi Umum Mega

****
 
Kumpulan Daftar Lengkap Perusahaan Asuransi Terbaik di Indonesia versi Majalah Investor
Sementara itu pada tahun 2012 Investor juga merilis 20 Perusahaan Asuransi Terbaik di Indonesia, berikut 10 diantaranya yaitu:

AIA Financial
Berdiri tahun 1983. Sempat berganti nama dari PT Asuransi Lippo Jiwa Sakti menjadi Lippo Life, kemudian AIG Lippo dan Setelah 80% sahamnya dimiliki American International Assurance, berubah nama menjadi AIA Financial.

Allianz
Merupakan cabang dari Allianz SE Jerman, yang merupakan salah satu perusahaan asuransi terbesar di dunia. Masuk di Indonesia sejak tahun 1981. Bergerak pada bidang asuransi jiwa, kesehatan, employee benefit, serta dana pensiun dan saving.

Avrist
Berdiri sejak 1975, PT Avrist Assurance (Avrist) adalah perusahaan asuransi jiwa patungan multinasional pertama di Indonesia, yang menyediakan program asuransi jiwa, asuransi kecelakaan dan kesehatan, asuransi jiwa kredit dan pensiun, baik untuk perorangan maupun kelompok, termasuk produk-produk asuransi jiwa berbasis syariah/takaful, melalui beragam saluran distribusi.

AXA Mandiri
Merupakan perusahaan yang sahamnya dimiliki oleh Bank Mandiri dan AXA Group. Jika anda nasabah Bank Mandiri mungkin sudah pernah ditawarkan asuransi ini.

Bumiputera 1912
Merupakan salah satu perusahaan asuransi paling tua di Indonesia. Sesuai namanya, didirikan pada tahun 1912. yang menarik dari asuransi ini adalah prinsip mutual share yang mereka pegang, dimana setiap pemegang polis adalah pemilik perusahaan

CIGNA
Asuransi CIGNA berdiri di Indonesia sejak tahun 1990. Merupakan cabang dari perusahaan asuransi CIGNA Group yang bermarkas di connecticut, Amerika Serikat.

Jiwasraya
PT Asuransi Jiwasraya adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di sektor asuransi. Perusahaan ini didirikan pada 31 Desember 1859 dengan nama Nederlandsche Indische Levenverzekering en Lijvrente Maatschappij (NILLMIJ) dan merupakan perusahaan asuransi jiwa pertama yang didirikan di Indonesia.

Manulife
Perusahaan asuransi ini adalah cabang dari Manulife Financial yang merupakan salah satu perusahaan asuransi jiwa terbesar di dunia yang diukur berdasarkan kapitalisasi pasar. Manulife saat ini memiliki sekitar 26.000 karyawan di seluruh dunia. Di Indonesia perusahaan ini berdiri sejak tahun 1985.

Prudential
Didirikan pada tahun 1995, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) merupakan bagian dari Prudential plc, group jasa keuangan ritel berbasis di London, Inggris. Pada tahun 2011, unit asuransi jiwa dari Prudential dinobatkan sebagai perusahaan asuransi terbaik oleh majalah investor untuk perusahaan dengan aset diatas 10 trilyun.

Sinarmas
Asuransi Sinar Mas (ASM) merupakan anak perusahaan dari perusahaan Sinar Mas Group yang didirikan pada tanggal 27 Mei 1985. Pada pertama kali berdiri, dinamakan PT. Asuransi Kerugian Sinar Mas Dipta. Kemudian pada tahun 1991 baru berubah menjadi PT. Asuransi Sinar Mas.

Sekian update informasi kali ini seputar 10 Besar Perusahaan Asuransi Terbaik Indonesia Tahun 2014 dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi ada semua. Salam.
at 8:44 PM

1 comments:

Back to Top