Langkah Gapai Kebebasan Finansial di Usia Muda Terbaru 2014

Langkah Gapai Kebebasan Finansial di Usia Muda Terbaru 2014

Orangterkaya-id.blogspot.com - Kebebasan Finansial (Financial freedom / financial independence) didefinisikan sebagai gaya hidup yang terencana dengan baik dimana Anda tidak perlu bekerja (Passive Income) untuk mendapatkan pendapatan guna membiayai pengeluaran- pengeluaran Anda.


Perencana keuangan, Ahmad Gozali, menyebutkan, mengutip dari buku Anthony Robbins, kebebasan finansial adalah suatu kondisi keuangan dengan pencapaian investasi yang cukup banyak, relatif aman, dan hasilnya mencukupi kebutuhan kita untuk hidup dengan gaya hidup yang kita inginkan. Tentunya, hal ini membutuhkan kerja keras, cerdas, dan harus dilakukan berkesinambungan.

Banyak yang salah kaprah tentang kebebasan finansial. Ada yang berpikir bahwa kebebasan finansial terjadi apabila seseorang memiliki uang yang banyak. Meskipun uang berpengaruh, kebebasan finansial sesungguhnya adalah ketika seseorang tidak lagi merasa dikejar-kejar untuk mengumpulkan uang.

Jadi, belum tentu orang yang sangat kaya merasakan kebebasan finansial. Bisa jadi, dia malah merasa tekanan untuk terus mengumpulkan uang untuk mempertahankan gaya hidupnya.

Lalu, apakah kebebasan finansial yang sesungguhnya? Kebebasan finansial adalah ketika Anda tahu bahwa uang yang Anda miliki cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar. Dan ada beberapa hal yang Anda bisa lakukan untuk mencapai ini:

1. Milikilah rencana, dan buatlah strategi untuk mencapainya Tentukan dulu apa tujuan keuangan Anda. Apakah Anda ingin memiliki cukup uang untuk kuliah anak-anak Anda, atau ingin berjalan-jalan ke luar negeri bersama keluarga? Apa pun tujuan Anda, buatlah strategi untuk mencapainya dan pastikan strategi tersebut tepat. Lalu, jadikan strategi ini, seperti menabung, sebagai kebiasaan hidup Anda.

2. Cari pendapatan tambahan Jika gaji terasa pas-pasan, Anda harus mencari cara untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Anda bisa memulai usaha kecil-kecilan yang sesuai dengan kemampuan. Misalnya, yang jago membuat kue bisa menjual kue kering di situs jejaring sosial

3. Ciptakan pendapatan pasif Selain bekerja sambilan, Anda juga bisa menciptakan pendapatan pasif, atau pendapatan yang timbul sendiri. Ini bisa dengan keuntungan dari investasi.

4. Pengeluaran harus lebih rendah dibanding pemasukan Jangan hidup di luar kemampuan Anda. Lazimnya, 30 persen dari penghasilan Anda harus ditabung dan sisanya dipergunakan untuk keperluan sehari-hari. Jika ini berarti Anda harus hidup sederhana, tidak mengapa. Berutang untuk memenuhi hasrat konsumtif malah akan membebani hidup Anda, karena semua utang ataupun kredit tidak terlepas dari yang namanya bunga.

5. Mulailah berinvestasi Pendapatan tambahan bisa Anda gunakan untuk berinvestasi. Alat investasi akan bertindak sebagai jaring pengaman jika sesuatu terjadi kepada Anda atau keluarga, atau sebagai sumber uang yang akan menyokong Anda dan keluarga saat ada perlu.

6. Milikilah dana talangan Selain tabungan, Anda juga harus mempunyai dana talangan, atau dana darurat. Dana ini disarankan sebesar 3 kali pendapatan bulanan Anda. Jadi, jika Anda tiba-tiba kehilangan sumber pemasukan, Anda tetap aman selama tiga bulan ke depan.

Jadi, kebebasan finansial sangat tergantung pada apa yang diinginkan dan dicari oleh setiap individu. Anda juga bebas merancang ulang rencana maupun strategi Anda di tengah jalan kalau memang itu yang dibutuhkan.

Sekian update informasi kali ini seputar Langkah - Langkah Terencana untuk Gapai Kebebasan Finansial di Usia Muda. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi referensi anda semua. Salam.
at 11:01 PM

2 comments:

  1. Kumpulan Arti Mimpi Tentang Kelabang Dalam Togel Terlengkap
    Tafsir Mimpi Kelabang

    ReplyDelete

  2. Thanks infonya. Oiya ngomongin kebebasan finansial, ternyata ada loh cara cerdas untuk mencapainya. Selengkapnya bisa temen-temen lihat di sini: bebas finansial dengan pendapatan pasif

    ReplyDelete

Back to Top