A-Z Istilah Dunia Perbankan, Perkreditan dan Keuangan Lengkap 2016

A-Z Daftar Istilah Dunia Perbankan, Perkreditan dan Keuangan Lengkap 2016

Daftar Istilah Penting di Perbankan, Perkreditan dan Keuangan Lengkap Terbaru 2016

Kumpulan istilah yang sering kita dengar namun belum begitu kita pahami artinya. Mulai dari kata atau istilah di perbankan, keuangan, investasi dan perkreditan seperti deposito, tabungan, syariah, kredit agunan dan lain-lain. Daripada pusing-pusing langsung saja cekidot dibawah ini Istilah umum di Dunia Keuangan Beserta Artinya Terlengkap:

Baca Juga: Perusahaan Asuransi Kesehatan Paling Murah Terbaik di Indonesia 2016

A

Agunan


Agunan adalah jaminan yang diserahkan nasabah debitur kepada bank dalam rangka pemberian fasilitas kredit atau pembiayaan.

Akad Kredit


Akad Kredit adalah perjanjian atau kontrak kredit antara kreditur dengan debitur

Akad Syariah


Akad Syariah adalah ikatan atau kesepakatan antara nasabah dengan bank yakni pertalian ijab (pernyataan melakukan ikatan) dan kabul (pernyataan penerimaan ikatan) sesuai dengan kehendak syariat yang berpengaruh pada obyek perikatan, misalnya akad pembukaan rekening simpanan atau akad pembiayaan

Akte Pendirian Perusahaan


Akte Pendirian Perusahaan adalah dokumen berisi profil perusahaan yang dibuat pendiri usaha dengan notaris dan disertai saksi-saksi yang didaftarkan ke Pengadilan Negeri setempat.

Angsuran


Angsuran adalah besarnya pembayaran kredit yang dilakukan dengan cara dicicil dalam jangka waktu tertentu, nilainya sudah termasuk angsuran pokok kredit dan bunga

Angsuran Dibayar Di Belakang


Angsuran Dibayar Di Belakang adalah pembayaran angsuran pertama saat akan jatuh tempo dalam 1 bulan ke depan sehingga periode kredit masih utuh. Dikenal juga dengan In Arrear.

Angsuran Dibayar Di Muka


Angsuran Dibayar Di Muka adalah pembayaran angsuran bersamaan dengan pembayaran uang muka sehingga sisa periode kredit berkurang 1 bulan. Dikenal juga dengan Advance

Approval


Approval adalah persetujuan kredit oleh Bank

APR (Annual Percentage Rate)


APR (Annual Percentage Rate) adalah suku bunga pinjaman per tahun.

ARO (Automatic Roll Over)


ARO (Automatic Roll Over) adalah sistem perpanjangan deposito secara otomatis setelah jatuh tempo.

ARO Plus


ARO Plus adalah sistem perpanjangan deposito secara otomatis setelah jatuh tempo dengan bunga yang didapat dan diakumulasikan ke dalam pokok deposito pada setiap perpanjangan.

Aset


Aset adalah barang yang mempunyai nilai tinggi (contohnya rumah, tanah, mobil), milik pribadi ataupun perusahaan.

Asuransi Dasar


Asuransi Dasar adalah jenis pertanggungan yang merupakan pertanggungan dasar Polis.

Asuransi Tambahan


Asuransi Tambahan adalah jenis pertanggungan yang ditambahkan kepada Asuransi Dasar untuk meningkatkan perlindungan dan/atau Manfaat Asuransi.

ATM (Anjungan Tunai Mandiri)


ATM (Anjungan Tunai Mandiri) adalah sebuah mesin pelayanan otomatis yang melayani nasabah tanpa perlu menemui teller bank.

Autodebet


Autodebet adalah pembayaran elektronik yang dibuat langsung dari rekening bank, biasanya pada tanggal yang telah ditentukan.

B

Batas Kredit


Batas Kredit adalah batas Rupiah maksimum yang bisa ditagihkan kepada rekening kartu tertentu.

BI Rate


BI Rate adalah suku bunga referensi kebijakan moneter dan ditetapkan dalam Rapat Dewan Gubernur setiap bulannya.

Biaya Administrasi Rekening


Biaya Administrasi Rekening adalah biaya yang dibebankan secara berkala kepada pemegang rekening suatu bank

Biaya Akuisisi


Biaya Akuisisi adalah biaya yang dikenakan sehubungan dengan permohonan pertanggungan dan penerbitan Polis yang antara lain meliputi biaya-biaya pemeriksaan kesehatan, biaya-biaya pengadaan Polis dan pencetakan dokumen, biaya lapangan, biaya pos dan telekomunikasi serta biaya lain-lain.

Biaya Asuransi


Biaya Asuransi adalah biaya yang dikenakan sehubungan dengan pertanggungan yang diberikan.

Biaya Keterlambatan Pembayaran


Biaya Keterlambatan Pembayaran adalah biaya yang dikenakan oleh Bank apabila pemohon terlambat untuk membayar angsuran kreditnya

Biaya Lain-Lain


Biaya Lain-Lain adalah jumlah uang yang dibayarkan untuk keperluan yang lain misalnya biaya administratif atau biaya jasa lainnya

Biaya Layanan


Biaya Layanan adalah biaya bulanan yang ditagihkan oleh institusi keuangan untuk menangani suatu rekening.

Biaya Materai


Biaya Materai adalah biaya untuk perangko materai yang digunakann untuk mengsahkan dokumen perjanjian kredit

Biaya Pembayaran Awal


Biaya Pembayaran Awal adalah biaya yang dikenakan oleh Bank apabila pemohon melunasi pinjamannya sebelum jatuh tempo

Biaya Penalti


Biaya Penalti adalah biaya karena pelanggaran suatu perjanjian

Biaya Pencairan di Awal


Biaya Pencairan di Awal adalah biaya yang dikenakan ketika mencairkan deposito sebelum jatuh tempo

Biaya Provisi


Biaya Provisi adalah biaya yang dikenakan oleh Bank kepada pemohon pinjaman pada saat pinjamannya disetujui

Biaya Saldo Minimum


Biaya Saldo Minimum adalah biaya yang dikenakan ketika saldo minimum yang ada di bawah dari saldo minimum yang telah ditetapkan

Biaya Top-up


Biaya Top-up adalah biaya yang dikenakan sehubungan dengan dibayarkannya Premi Top-up Berkala (PRUsaver) atau Premi Top-up Tunggal.

Bilyet Deposito


Bilyet Deposito adalah bukti kepemilikan yang diberikan oleh bank kepada deposan atas simpanannya dalam bentuk deposito berjangka.

Buku Tabungan


Buku Tabungan adalah buku yang dikeluarkan oleh bank yang mencantumkan jumlah nasabah pada rekening tabungan di suatu bank yang kepemilikannya dibuktikan dengan identitas yang tertulis pada buku dimaksud sehingga tidak dapat diperjualbelikan atau dipindahtangankan

Bullish


Bullish adalah kondisi pasar yang ditandai oleh transaksi jual beli yang sangat aktif.

Bunga


Bunga adalah biaya yang dikenakan atas penggunaan uang. Bunga bisa dibayarkan, misalnya, oleh pribadi kepada institusi keuangan untuk penggunaan kartu kredit, atau oleh institusi keuangan kepada pribadi atas simpanan uangnya dalam rekening tabungan. Bunga dinyatakan dengan istilah Bunga Persentase Tahunan (BPT).

Bunga Akrual


Bunga Akrual adalah bunga yang telah diperhitungkan sebagai pendapatan atau biaya perusahaan, tetapi belum nyata diterima atau dibayar (accrued interest).

Bunga Bank


Bunga Bank adalah sejumlah imbalan yang diberikan oleh bank kepada nasabah atas dana yang disimpan di bank yang dihitung sebesar persentase tertentu dari pokok simpanan dan jangka waktu simpanan ataupun tingkat bunga yang dikenakan terhadap pinjaman yang diberikan bank kepada debiturnya (bank interest).

Bunga Ditambahkan


Bunga Ditambahkan adalah metode perhitungan pembayaran bunga dengan menggunakan persentase terhadap pokok pinjaman yang diinginkan untuk menghitung biaya bunga; biaya bunga itu kemudian ditambahkan pada utang pokok untuk menghitung jumlah yang harus dibayar oleh peminjam (ad-on rates; ad-on interest).

Bunga Efektif


Bunga Efektif adalah perhitungan bunga dengan menghitung sisa pokok pinjaman sehingga porsi pembayaran setiap bulannya akan semakin mengecil dibandingkan pembayaran pokoknya

Bunga Flat in Advance


Bunga Flat in Advance adalah besarnya angsuran pertama masuk ke dalam komponen biaya yang harus dikeluarkan debitur saat akad kredit terjadi

Bunga Harian


Bunga Harian adalah pendapatan bunga yang dihitung sejak disetor sampai dengan pengambilan; bunga tersebut dihitung setiap hari dengan bunga majemuk, tetapi pembayarannya pada akhir bulan atau pada waktu lain yang ditetapkan (daily interest).

Bunga Majemuk


Bunga Majemuk adalah bunga yang dihitung atas jumlah pinjaman pokok ditambah bunga yang diperoleh sebelumnya; misalnya, jika seseorang menyimpan uangnya di bank Rp 1.000,00 pada tingkat bunga 10% per tahun, pada akhir tahun pertama akan diperhitungkan menjadi Rp 1.100,00 dan pada akhir tahun ke-2 akan menjadi Rp 1.210,00 (compound interest).

C

Cek


Cek adalah dokumen tertulis yang menginstruksikan suatu institusi keuangan yang mengeluarkan sejumlah uang dari rekening si penulis.

Cicilan per Bulan


Cicilan per Bulan adalah jumlah yang harus di bayarkan ke bank setiap bulan

D

Dealer


Dealer adalah suatu badan atau perorangan yang bertugas sebagai tangan distribusi dari produsen kepada konsumen

Debit


Debit adalah istilah pembukuan untuk sejumlah uang yang dipinjam oleh pribadi atau institusi; suatu tagihan yang dipotong dari suatu rekening.

Debitur


Debitur adalah pihak yang berhutang ke pihak lain, biasanya dengan menerima sesuatu dari si pemberi pinjaman (kreditur) yang dijanjikan debitur untuk dibayar kembali pada masa yang akan datang

Debt ratio


Debt ratio adalah rasio keuangan yang mengindikasikan persentase dari aset perusahaan yang dibandingkan hutang perusahaan

Deposan


Deposan adalah perorangan, perusahaan atau lembaga yang menyimpan uang pada bank dalam bentuk deposito berjangka.

Deposito


Deposito adalah produk bank sejenis jasa tabungan yang biasa ditawarkan kepada masyarakat.

Deposito on Call


Deposito on Call adalah penempatan dana oleh nasabah dalam bentuk simpanan berjangka yang penarikannya hanya bisa dilakukan melaui pemberitahuan terlebih dahulu sesuai kesepakatan antara nasabah dan pihak bank.

Dewan Pengawas Syariah


Dewan Pengawas Syariah adalah dewan yang bertugas memantau kepatuhan penerapan prinsip syariah pada operasional perbankan syariah.

Distribusi Bagi Hasil


Distribusi Bagi Hasil adalah pembagian keuntungan bank syariah kepada nasabah simpanan berdasarkan nisbah yang disepakati setiap bulannya.

Dokumentasi Kredit


Dokumentasi Kredit adalah dokumen yang berkaitan dengan kredit, termasuk kontrak perjanjian kredit, laporan keuangan, rencana kerja, dan dokumen lain yang menyangkut hak kreditur atas aset yang dijaminkan oleh debitur guna mengamankan pembayaran kewajiban debitur dan dokumen lain yang digunakan oleh pihak peminjam dalam mengevaluasi kelayakan seorang calon debitur; dokumen ini merinci riwayat pinjaman yang disimpan dalam arsip kredit debitur yang akan digunakan oleh analis kredit dan pengawas lapangan dan pihak agen penilai ekstern; kelengkapan dokumentasi kredit penting mengingat hal tersebut berhubungan langsung dengan tingkat kualitas kredit yang ditetapkan oleh pengawas bank (loan documentation).

F

Fasilitas Kredit


Fasilitas Kredit adalah jumlah kredit yang diberikan kepada pribadi, bisnis, atau institusi.

Financing


Financing adalah kegiatan menyediakan dana untuk aktivitas bisnis, baik pembelian maupun investasi

Fix rate


Fix rate adalah suku bunga yang nilainya tetap selama masa pembiayaan sesuai dengan kesepakatan yang telah disetujui sebelumnya

G

Gadai


Gadai adalah suatu hak yang diperoleh seseorang yang berpiutang atas suatu barang bergerak, yang diserahkan kepadanya oleh seorang yang berutang atau oleh seorang lain atas namanya, dan memberikan kekuasaan kepada orang yang berpiutang itu untuk mengambil peluasan dari barang tersebut secara didahulukan daripada orang-orang yang berpiutang lainnya, dengan pengecualian biaya untuk melelang barang tersebut

Garansi


Garansi adalah surat keterangan dari suatu produk bahwa pihak produsen menjamin produk tersebut bebas dari kesalahan pekerja dan kegagalan bahan dalam jangka waktu tertentu

Giro


Giro adalah giro adalah suatu istilah perbankan untuk suatu cara pembayaran yang hampir merupakan kebalikan dari sistem cek, berupa surat perintah untuk memindahbukukan sejumlah uang dari rekening seseorang kepada rekening lain yang ditunjuk surat tersebut

H

Harga OTR


Harga OTR adalah harga On The Road yang berarti harga jual kendaraan bermotor lengkap dengan seluruh surat STNK, BPKB, dan Plat Nomor

I

Imbal Hasil


Imbal Hasil adalah tingkat bunga yang dihasilkan atas suatu investasi, yang besar bunga tersebut sesuai dengan pasar atau berdasarkan harga pasar investasi yang berlaku.

Informasi Kredit


Informasi Kredit adalah keterangan mengenai debitur atau calon debitur, misalnya keterangan umum mengenai perusahaan, para pemilik atau pengurus, dan keadaan keuangan sebagai salah satu dasar bagi kreditur untuk memberi pinjaman (credit information).

Instansi


Instansi adalah suatu lembaga / perusahaan / organisasi / badan

Institusi Keuangan


Institusi Keuangan adalah suatu Perusahaan di mana Anda bisa menyetor, meminjam atau menukarkan uang.

Iuran Tahunan


Iuran Tahunan adalah biaya yang ditagihkan setahun sekali atas kepemilikan kartu kredit. Beberapa penyedia kartu kredit menawarkan kartu kredit tanpa iuran tahunan. Iuran tahunan, dengan bunga dan biaya lainnya adalah bagian dari total biaya kredit.

J

Jaminan


Jaminan adalah harta yang ditempatkan sebagai agunan untuk pembayaran atau kesanggupan atas suatu kewajiban; aset ini adalah milik peminjam; jika peminjam gagal memenuhi kewajibannya, aset ini akan diambil alih oleh bank dan akan dijual untuk memenuhi perjanjian kontraknya; jaminan yang biasanya dapat digunakan sebagai agunan kredit ialah barang dagangan, surat berharga, aktiva tidak berwujud, dan hasil usaha, kas agunan yang dijaminkan kepada dapat pula berupa aset yang didanai, seperti kredit dijamin dengan persediaan atau piutangnya; pada pemberian kredit, rumah yang dibeli dijadikan sebagai agunannya; agunan (collateral).

Jaminan Bank


Jaminan Bank adalah kesanggupan tertulis yang diberikan oleh bank kepada pihak penerima jaminan bahwa bank akan membayar sejumlah uang kepadanya pada waktu tertentu jika pihak terjamin tidak dapat memenuhi kewajibannya; bank garansi (bank guarantee).

Jaminan Pinjaman


Jaminan Pinjaman adalah pinjaman yang dijamin oleh kekayaan pribadi (collateral loan)

Jatuh Tempo Pembayaran


Jatuh Tempo Pembayaran adalah tanggal yang ditetapkan sebagai batas akhir pembayaran atau transaksi; pembayaran atau yang terjadi pada tanggal tersebut secara langsung atau otomatis tercatat pada pusat pengolahan data sehingga posisi atau gambaran rekening nasabah pada tanggal tersebut telah menunjukkan posisi paling akhir (up to date) (payment due date).

Jenis Agunan


Jenis Agunan adalah jenis Harta yang dijaminkan agar pinjaman dapat disetujui

Joint Account


Joint Account adalah rekening bank yang dimiliki bersama oleh dua orang atau lebih

Jumlah Kredit


Jumlah Kredit adalah jumlah dana yang ingin dipinjam

K

Kalkulasi


Kalkulasi adalah perincian atau penghitungan biaya/pengeluaran

Kartu Afinitas


Kartu Afinitas adalah kartu kredit yang dipromosikan oleh sebuah asosiasi, klub, perguruan tinggi, atau organisasi lainnya, berdasarkan kesepakatan dengan bank yang menerbitkannya. Bank penerbit biasanya membayar persentase dari pendapatan bunga bersih ke pihak promotor sebagai komisi, atau memberikan beberapa jenis kompensasi lainnya.

Kartu Bank


Kartu Bank adalah kartu transaksi yang memberikan kemampuan kepada nasabah bank untuk membayar barang dan jasa pada pedagang eceran dan memperoleh uang tunai dari kasir bank atau ATM; kartu bank dapat berupa kartu kredit atau pun penarikan dana dan cek atau tabungan (kartu debit); kartu bank juga bermanfaat sebagai alat pengenal ketika menguangkan atau mencairkan cek (bank card).

Kartu Debit


Kartu Debit adalah sebuah kartu pembayaran secara elektronik yang diterbitkan oleh bank dan dapat berfungsi sebagai pengganti pembayaran dengan uang tunai.

Kartu Debit Plus


Kartu Debit Plus adalah kartu bank yang diciptakan dengan berbagai manfaat yang menarik bagi nasabahnya, misalnya dapat dibebankan langsung ke akun tabungan atau gori nasabah tersebut (propietary debit card).

Kartu Kredit


Kartu Kredit adalah kartu yang diterbitkan oleh bank atau perusahaan pengelola kartu kredit yang memberikan hak kepada orang yang memenuhi persyaratan tertentu yang namanya tertera dalam kartu untuk menggunakannya sebagai alat pembayaran secara kredit atas perolehan barang atau jasa, atau untuk menarik uang tunai dalam batas kredit seperti yang telah ditentukan oleh bank atau perusahaan pengelola kartu kredit; dalam melaksanakan pembayaran kembali kredit tersebut, pemegang kartu tidak diwajibkan untuk melakukan pembayaran sekaligus, tetapi diberikan kelonggaran untuk membayar secara angsuran dengan tingkat bunga tertentu dan nilai angsuran sebesar persentase tertentu dari saldo kredit yang telah, digunakan (credit card).

KITAS


KITAS adalah kartu Izin Tinggal Terbatas adalah izin yang diberikan pada orang asing pemegang Izin Tinggal Sementara.

KKB


KKB adalah kredit Kendaraan Bermotor

KMG


KMG adalah kredit Multi Guna

KPM


KPM adalah kredit Pemilikkan Mobil

KPR Take Over


KPR Take Over adalah kPR Take over adalah pemindahan fasilitas KPR nasabah yang telah berjalan di suatu Bank ke KPR Bank yang lain

Kredit


Kredit adalah penyediaan dana atau tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu, berdasarkan persetujuan atau kesepakatan pinjam-meminjam antara bank dengan pihak lain yang mewajibkan pihak peminjam untuk melunasi utangnya setelah jangka waktu tertentu dengan jumlah bunga, imbalan, atau pembagian hasil keuntungan yang telah ditetapkan.

Kredit Dengan Agunan


Kredit Dengan Agunan adalah kredit yang diberikan kepada debitur dengan menyerahkan agunan dan/atau jaminan tertentu ke pihak kreditur. Contoh agunan yang umum diterima adalah BPKB Kendaraan dan sertifikat tanah, rumah, atau bangunan lainnya.

Kredit Investasi


Kredit Investasi adalah kredit jangka menengah dan panjang yang diberikan untuk membiayai barang modal, proyek baru, ataupun proyek perluasan suatu perusahaan, misalnya pembangunan pabrik atau pembelian mesin.

Kredit Konsumsi


Kredit Konsumsi adalah kredit perorangan untuk tujuan nonbisnis, termasuk kredit pemilikan rumah (KPR). Kredit konsumsi biasanya digunakan untuk membiayai pembelian mobil (Kredit Kendaraan Bermotor) atau barang konsumsi barang tahan lama lainnya. Utang hipotek atau persetujuan penjualan yang dijamin oleh harta berwujud seperti tanah dan bangunan tempat tinggal juga termasuk dalam kategori ini.

Kredit Macet


Kredit Macet adalah perhomonan Kredit yang tidak disetujui

Kredit Pemilikan Rumah


Kredit Pemilikan Rumah adalah suatu fasilitas kredit yang diberikan oleh perbankan atau institusi keuangan kepada para nasabah perorangan yang akan membeli atau memperbaiki rumah.

Kredit Retail


Kredit Retail adalah kredit yang diberikan secara langsung oleh bank kepada nasabah, seperti kredit konsumtif dan kredit pembelian kendaraan.

Kredit Tanpa Agunan (KTA)


Kredit Tanpa Agunan (KTA) adalah kredit yang diberikan kepada debitur tanpa menyerahkan agunan atau jaminan ke pihak kreditur.

Kreditur


Kreditur adalah lembaga keuangan atau bank yang memberikan dana kredit kepada debitur atau konsumen

L

Lampiran Pekerja


Lampiran Pekerja adalah surat Keterangan Pekerjaan

Lampiran Pensiun


Lampiran Pensiun adalah surat Keterangan Pensiun

Laporan Kredit


Laporan Kredit adalah laporan yang disediakan oleh agen pelaporan kredit atas permintaan pihak yang memberikan pinjaman kepada debitur yang namanya tertera dalam laporan tersebut; laporan tersebut meliputi fasilitas kredit yang dinikmati dari pembayaran utang, termasuk ketepatan, keterlambatan pembayaran, dan tunggakan; di Indonesia informasi kredit dapat diperoleh di Bank Indonesia (credit report).

Layak Kredit


Layak Kredit adalah penilaian kreditur terhadap watak atau perangai dan kemampuan penyelesaian pinjaman calon debitur; penilaian tersebut digunakan sebagai dasar persetujuan pemberian kredit yang akan diberikan kreditur kepada calon debitur yang bersangkutan (credit worthy).

Leasing


Leasing adalah kegiatan pembiayaan dengan menyediakan barang modal baik dengan hak opsi (finance lease) maupun tanpa hak opsi (operating lease) untuk digunakan oleh penyewa guna usaha (lessee) selama jangka waktu tertentu berdasarkan pembayaran secara angsuran

Limit Kredit


Limit Kredit adalah batas uang yang dapat dipinjam atau digunakan dalam perjanjian kredit pinjaman

Loan to Value Ratio (LTV)


Loan to Value Ratio (LTV) adalah rasio besarnya kredit yang akan diberikan jika dibandingkan dengan jaminannya

M

Manfaat Asuransi


Manfaat Asuransi adalah jenis manfaat Asuransi Dasar atau manfaat Asuransi Tambahan sebagaimana dicantumkan dalam Ketentuan Khusus dari masing-masing Asuransi Dasar atau Asuransi Tambahan yang bersangkutan.

Margin


Margin adalah besarnya keuntungan yang disepakati antara bank dan nasabah atas transaksi pembiayaan dengan akad jual beli (muharabah)

Masa Tenggang


Masa Tenggang adalah jangka waktu sebelum bunga ditambahkan ke dalam pembelian baru.

Metode Penghitungan Bunga


Metode Penghitungan Bunga adalah cara penghitungan bunga berdasarkan saldo kartu kredit. Bisa ditagihkan per hari atau per bulan dan termasuk bunga dari saldo yang tidak dibayar.

Mudharabah


Mudharabah adalah akad yang dilakukan shahibul mal dan mudharib dimana nisbah bagi hasil disepakati di awal, sedangkan kerugian ditanggung oleh pemilik modal

Mudharabah al-Mutlaqah


Mudharabah al-Mutlaqah adalah kerjasama antara dua pihak dimana shahibul maal menyediakan modal dan memberikan kewenangan penuh kepada mudharib dalam menentukan jenis dan tempat investasi, sedangkan keuntungan dan kerugian dibagi menurut kesepakatan di muka.

Mudharabah Muqqayadah


Mudharabah Muqqayadah adalah kerjasama antara dua pihak dimana shahibul maal menyediakan modal dan memberikan kewenangan terbatas kepada mudharib dalam menentukan jenis dan tempat investasi, dimana keuntungan dan kerugian dibagi menurut kesepakatan di muka.

Mudharib


Mudharib adalah pengelola dana atau pihak bank, merupakan istilah dalam perbankan Syariah

Multifinance


Multifinance adalah bisnis pembiayaan dimana perusahaan pembiayaan menalangi terlebih dahulu pembayaran ke dealer, selanjutnya customer akan menyicil hutangnya kepada perusahaan pembiayaan tersebut

N

Nisbah


Nisbah adalah porsi bagi hasil antara nasabah dan bank atas transaksi pendanaan dan pembiayaa dengan akad bagi hasil

Non-Payroll


Non-Payroll adalah gaji Nasabah tidak dibayarkan melalui bank tersebut

NPWP


NPWP adalah nomor Pokok Wajib Pajak biasa disingkat dengan NPWP adalah nomor yang diberikan kepada wajib pajak (WP) sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.

O

Otomotif


Otomotif adalah ilmu yang mempelajari tentang mesin kendaraan bermotor

P

Payroll


Payroll adalah gaji Nasabah dibayarkan melalui bank tersebut

Pembayaran Minimum


Pembayaran Minimum adalah jumlah minimum rupiah yang harus dibayar setiap bulan, biasanya 2 sampai 3 persen dari jumlah pinjaman, berdasarkan saldo rata-rata harian.

Pembiayaan Kedua


Pembiayaan Kedua adalah pembiayaan kedua adalah pengajuan KPR untuk rumah yang telah melalui tahap Pembiayaan pertama

Pembiayaan Ketiga dan seterusnya


Pembiayaan Ketiga dan seterusnya adalah pembiayaan ketiga dan seterusnya adalah pengajuan KPR untuk rumah yang telah melalui tahap pembiayaan kedua

Pembiayaan Pertama


Pembiayaan Pertama adalah pembiayaan pertama adalah pengajuan KPR untuk rumah yang belum dijaminkan ke bank manapun

Pemohon Kredit


Pemohon Kredit adalah pihak yang mengajukan surat permohonan kredit kepada bank (credit applicant).

Penarikan Tunai


Penarikan Tunai adalah sejumlah uang yang ditarik dari rekening.

Pencairan Pinjaman


Pencairan Pinjaman adalah waktu yang dibutuhkan agar dana yang diajukan dapat diterima oleh yang mengajukan

Pendanaan


Pendanaan adalah penyediaan dana

Penerima Manfaat


Penerima Manfaat adalah orang atau badan yang ditunjuk oleh Anda sebagai pihak yang berhak atas Manfaat Asuransi apabila Anda meninggal dunia sebelum atau pada saat yang sama dengan meninggalnya Tertanggung atau apabila Anda sekaligus berkedudukan sebagai Tertanggung meninggal dunia, dengan ketentuan bahwa orang atau badan tersebut mempunyai hubungan kepentingan asuransi terhadap Tertanggung atas pertanggungan yang bersangkutan (insurable interest) dan sepanjang tidak bertentangan dengan  hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di negara Republik Indonesia.

Penilaian Kredit


Penilaian Kredit adalah evaluasi suatu institusi keuangan mengenai apakah seseorang pantas menerima kredit. Penilaian kredit biasanya didasarkan pada karakter individual, kemampuan membayar, dan modal.

Pinjaman


Pinjaman adalah sejumlah dana yang disediakan oleh bank kepada nasabah dengan pemberian bunga, yang harus dilunasi kembali pada waktu yang diperjanjikan atau dengan cara angsuran (loan).

Pinjaman Multiguna


Pinjaman Multiguna adalah pinjaman yang penggunaannya tidak mengikat; biasanya, jenis pinjaman ini bersifat komersial (nonpurpose loan).

Plafon Kredit


Plafon Kredit adalah batas tertinggi jumlah kredit yang disediakan

Poin Reward


Poin Reward adalah poin yang akan didapatkan ketika berbelanja dengan menggunakan salah satu produk keuangan dan dapat ditukarkan untuk mendapatkan hadiah atau benefit yang lainnya.

Pokok Hutang


Pokok Hutang adalah jumlah hutang yang tersisa setelah membayar uang muka

Premi Berkala


Premi Berkala adalah bagian Premi yang besarnya sama pada setiap jatuh tempo pembayarannya yang merupakan jumlah minimum yang harus selalu dibayar untuk berlakunya Polis dan pertanggungan yang Anda ikuti kecuali Anda menggunakan fasilitas Premium Holiday sebagaimana dimaksud atau apabila ditentukan lain berdasarkan Polis.

Prinsip Syariah


Prinsip Syariah adalah aturan perjanjian berdasarkan hukum Islam antara bank dan nasabah untuk penyimpanan dana dan atau pembiayaan kegiatan usaha atau kegiatan lainnya yang dinyatakan sesuai dengan syariah

R

Refinancing


Refinancing adalah pembayaran pinjaman yang ada dengan pinjaman baru

Regulasi


Regulasi adalah suatu cara yang digunakan untuk memperngaruhi kegiatan masyarakat, badan-badan lain dalam ekonomi dan memiliki banyak bentuk

Rekening


Rekening adalah uang yang disimpan di sebuah institusi keuangan untuk kepentingan investasi dan/atau penyimpanan yang aman.

Rekening Bersama


Rekening Bersama adalah rekening tabungan atau rekening koran yang dibuat dengan lebih dari satu nama. Misalnya orang tua/anak, suami/istri.

Rekening Giro


Rekening Giro adalah rekening yang digunakan oleh nasabah untuk menyimpan uang, dan untuk menuliskan sebuah cek. Kadang-kadang terdapat biaya yang ditagihkan apabila persyaratan minimum tidak terpenuhi.

Rekening Tabungan


Rekening Tabungan adalah rekening yang mendapatkan bunga sebagai pengganti atas penggunaan uang yang disimpan. Penabung biasanya diperbolehkan menabung atau menarik uang berkali-kali.

Reksadana


Reksadana adalah wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dan masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portfolio efek.

Rencana Anggaran Biaya (RAB)


Rencana Anggaran Biaya (RAB) adalah rencana anggaran biaya bangunan atau sering disingkat RAB adalah perhitungan biaya bangunan berdasarkan gambar bangunan dan spesifikasi pekerjaan konstruksi yang akan di bangun, sehingga dengan adanya RAB dapat dijadikan sebagai acuan pelaksanaan pekerjaan nantinya.

Ruko


Ruko adalah rumah Toko

S

Saldo


Saldo adalah jumlah tagihan yang belum dibayar. Dalam perbankan, saldo merujuk pada sejumlah uang pada suatu rekening. Dalam kredit, saldo merujuk pada jumlah utang.

Saldo Minimal


Saldo Minimal adalah jumlah minimal yang harus disisakan pada tabungan

Second Hand


Second Hand adalah barang bekas pakai

Sertifikat Deposito


Sertifikat Deposito adalah surat berharga yang diterbitkan oleh bank yang bisa dicairkan oleh siapa saja yang mempunyai sertifikat tersebut.

Setoran Awal


Setoran Awal adalah jumlah minimal yang harus disetorkan sebagai syarat pembukaan tabungan

Setoran Langsung


Setoran Langsung adalah pendapatan (atau pembayaran dari pemerintah) secara otomatis dan elektronik yang disetorkan ke dalam rekening sehingga menghemat waktu, tenaga maupun uang.

Shahibul Mal


Shahibul Mal adalah pemilik modal atau pihak pertama, merupakan istilah dalam perbankan Syariah

Showroom


Showroom adalah tempat untuk memamerkan produk tertentu, seperti otomotif, furniture, dll yang berfungsi untuk meningkatkan pemasaran

Simulasi Kredit


Simulasi Kredit adalah prosedur untuk memperkirakan berapa besar jumlah angsuran kredit yang harus dilunasi setiap bulan atau setiap tahunnya dalam jangka waktu tertentu

SIUP


SIUP adalah surat Izin Usaha Perdagangan yang selanjutnya disebut SIUP adalah Surat Izin untuk dapat melaksanakan kegiatan usaha perdagangan, yang selanjutnya disebut SIUP.

Spesifikasi


Spesifikasi adalah perincian jenis dan level komponen yang akan dipakai

Suku Bunga


Suku Bunga adalah beban biaya yang dinyatakan dengan persentase tertentu dalam rangka peminjaman uang untuk jangka waktu tertentu; merupakan biaya kredit bank kepada nasabah (interest rate).

Suku bunga Anuitas


Suku bunga Anuitas adalah perhitungan bunga dengan menghitung cicilan pokok yang semakin membesar, tetapi porsi pembayaran setiap bulannya tetap

Suku Bunga Efektif


Suku Bunga Efektif adalah suku bunga yang sesungguhnya dibebankan dalam setahun; jika suku bunga dibebankan sekali setahun, suku bunga nominal sama dengan suku bunga efektif; gambaran mengenai pendapatan atau hasil atas nilai suatu instrumen utang yang dimiliki dibandingkan dengan nilai instrumen pada saat harga pembelian (effective rate).

Suku Bunga Flat


Suku Bunga Flat adalah perhitungan bunga dengan cara menghitung rata total hutang sehingga proporsi pembayaran bunga dan pokok pinjaman setiap bulannya selalu tetap. Proporsi pembayaran bunga dan angsuran pokok tersebut akan selalu sama sampai kredit lunas.

Suku bunga Floating


Suku bunga Floating adalah suku bunga yang tidak ditetapkan dalam persentase yang tetap, tetapi berfluktuasi sesuai dengan suku bunga internasional (LIBOR, SIBOR) atau suku bunga pasar (floating interest rate).

Suku Cadang


Suku Cadang adalah suatu barang yang terdiri dari beberapa komponen yang membentuk satu kesatuan dan mempunyai fungsi tertentu

Surat Pengajuan Asuransi Jiwa (SPAJ)


Surat Pengajuan Asuransi Jiwa (SPAJ) adalah permohonan tertulis untuk mengadakan suatu perjanjian pertanggungan yang dibuat oleh Anda dan ditandatangani sekurang-kurangnya oleh Anda dan calon Tertanggung

Survey


Survey adalah penelitian secara komprehensif kepada suatu objek tertentu yang tujuannya untuk mendapatkan data yang valid

Surveyor


Surveyor adalah seseorang yang melakukan pemeriksaan atau mengawasi dan mengamati suatu pekerjaan lainnya

Sweep Account


Sweep Account adalah fasilitas untuk mentransfer dana dari rekening satu ke rekening lainnya secara otomatis sesuai dengan batasan saldo minimal dan maksimal yang ditetapkan nasabah.

T

Tabel Simulasi Kredit


Tabel Simulasi Kredit adalah tabel yang menunjukkan Simulasi Kredit

Tagihan


Tagihan adalah formulir berisi perincian barang, jasa, dan harga, yang harus dibayar oleh pembeli kepada penjual; dokumen yang membuktikan kewajiban debitur kepada kreditur (bill).

TDP


TDP adalah tanda Daftar Perusahaan (TDP) adalah daftar catatan resmi yang diadakan menurut atau berdasarkan ketentuan undang-undang atau peraturan-peraturan pelaksanaannya, dan memuat hal-hal yang wajib didaftarkan oleh setiap perusahaan serta disahkan oleh pejabat yang berwenang.

Tenor


Tenor adalah jangka waktu

Tertanggung


Tertanggung adalah orang yang atas dirinya diadakan pertanggungan, yang dapat terdiri dari Tertanggung Utama dan Tertanggung Tambahan

Tertanggung Tambahan


Tertanggung Tambahan adalah orang selain Tertanggung Utama yang merupakan Tertanggung pada Asuransi Tambahan.

Tertanggung Utama


Tertanggung Utama adalah tertanggung pada Asuransi Dasar dan Asuransi Tambahan, apabila ada.

Total Pembayaran


Total Pembayaran adalah jumlah nominal yang akan dibayarkan dari awal hingga akhir kredit

Transmisi


Transmisi adalah sistem yang berfungsi untuk konversi torsi dan kecepatan (putaran) dari mesin menjadi torsi dan kecepatan yang berbeda-beda untuk diteruskan ke penggerak akhir

Tunai


Tunai adalah uang dalam bentuk kertas dan koin. Dalam perbankan, suatu kegiatan membayar cek “menguangkan cek”

U

Uang Muka


Uang Muka adalah uang yang dibayarkan terlebih dahulu sebagai tanda jadi dalam suatu transaksi pembelian

Uang Tunai Elektronik


Uang Tunai Elektronik adalah sistem pembayaran elektronik sebagai replika/pengganti dari semua sistem pembayaran – tunai, cek, kartu kredit, kartu debit, dan uang logam.

Upping Price/Mark up


Upping Price/Mark up adalah menaikkan suatu nilai dengan jumlah atau prosentase tertentu, sehingga nilainya lebih tinggi dari nilai semula

V

Volume Silinder


Volume Silinder adalah kapasitas Tangki Bensin

W

Wadiah


Wadiah adalah akad yang terjadi antara dua pihak, dimana pihak pertama menitipkan suatu barang kepada pihak kedua.

Wadiah Yad adh-Dhamanah


Wadiah Yad adh-Dhamanah adalah akad Wadiah dimana si penerima titipan dapat memanfaatkan barang titipan tersebut dengan seizin pemiliknya dan menjamin untuk mengembalikan titipan tersebut secara utuh setiap saat, saat si pemilik menghendakinya.

Wadiah Yad al-Amanah


Wadiah Yad al-Amanah adalah akad Wadiah dimana si penerima titipan tidak bertanggungjawab atas kehilangan dan kerusakan yang terjadi pada barang titipan selama hal ini buan akibat dari kelalaian atau kecerobohan penerima titipan dalam memelihara titipan tersebut.

Sekian update informasi kali ini seputar A sampai Z Istilah Dunia Perbankan, Perkreditan dan Keuangan Lengkap 2016. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi serta dapat menambah wawasan bagi bara pendatang baru di dunia perbankan. Salam.
at 2:36 AM

4 comments:

  1. SAYA INGIN BERBAGI CERITA KEPADA SEMUA ORANG BAHWA MUNKIN AKU ADALAH ORANG YANG PALING MISKIN DIDUNIA DAN SAYA HIDUP BERSAMA ISTRI DAN 3 BUAH HATI SAYA SELAMA 10 TAHUN DAN 10 TAHUN ITU KAMI TIDAK PERNAH MERASAKAN YANG NAMANYA KEMEWAHAN,,SETIAP HARI SAYA SELALU MEMBANTIN TULANG BERSAMA SUAMI SAYA UNTUK KELUARGA SAYA NAMUN ITU SEMUA TIDAK PERNAH CUKUP UNTUK KEBUTUHAN HIDUP KELUARGA SAYA..AKHIRNYA AKU PILIH JALAN TOGEL INI DAN SUDAH BANYAK PARA NORMALYANG SAYA HUBUNGI NAMUN ITU SEMUA TIDAK PERNAH MEMBAWAKAN HASIL DAN DISITULAH AKU SEMPAT PUTUS ASA AKHIRNYA ADA SEORANG TEMAN YANG MEMBERIKAN NOMOR AKI ALIH,,SAYA PIKIR TIDAK ADA SALAHNYA JUGA SAYA COBA LAGI UNTUK MENGHUBUNGI AKI ALIH DAN AKHIRNYA AKI ALIH MEMBERIKAN ANGKA GHOIBNYA DAN ALHAMDULILLAH BERHASIL..KINI SAYA SANGAT BERSYUKUR MELIHAT KEHIDUPAN KELUARGA SAYA SUDAH JAUH LEBIH BAIK DARI SEBELUMNYA,DAN TANDA TERIMAH KASIH SAYA KEPADA AKI ALIH SETIAP SAYA DAPAT RUANGAN PASTI SAYA BERKOMENTAR TENTAN AKI ALIH …BAGI ANDA YANG INGIN SEPERTI SAYA SILAHKAN HUBUNGI AKI ALIH: 082==313==669==888

    KLIK DISINI 2d 3d 4d 5d 6d




    Sekian lama saya bermain togel baru kali ini saya
    benar-benar merasakan yang namanya kemenangan 4D dan alhamdulillah saya dpat Rp 150 juta dan semuaini
    berkat bantuan angka dari AKI ALIH]
    karena cuma Beliaulah ang memberikan angka
    goibnya yg di jamin 100% tembus awal saya
    bergabung hanya memasang 100 ribu karna
    saya ngak terlalu percaya ternyatah benar-benar
    tembus dan kini saya ngak ragu-ragu lagi untuk memasang
    angkanya,,,,buat anda yg butuh angka yang dijamin tembus
    hubungi AKI ALIH] DI 082==313==669==888
    insya allah beliu akan menbatu k40esusahan
    anda apalagi kalau anda terlilit hutang trima kasih.? <<< ]

    ReplyDelete




  2. SAYA INGIN BERBAGI CERITA KEPADA SEMUA ORANG BAHWA MUNKIN AKU ADALAH ORANG YANG PALING MISKIN DIDUNIA DAN SAYA HIDUP BERSAMA ISTRI DAN 3 BUAH HATI SAYA SELAMA 10 TAHUN DAN 10 TAHUN ITU KAMI TIDAK PERNAH MERASAKAN YANG NAMANYA KEMEWAHAN,,SETIAP HARI SAYA SELALU MEMBANTIN TULANG BERSAMA SUAMI SAYA UNTUK KELUARGA SAYA NAMUN ITU SEMUA TIDAK PERNAH CUKUP UNTUK KEBUTUHAN HIDUP KELUARGA SAYA..AKHIRNYA AKU PILIH JALAN TOGEL INI DAN SUDAH BANYAK PARA NORMALYANG SAYA HUBUNGI NAMUN ITU SEMUA TIDAK PERNAH MEMBAWAKAN HASIL DAN DISITULAH AKU SEMPAT PUTUS ASA AKHIRNYA ADA SEORANG TEMAN YANG MEMBERIKAN NOMOR AKI ALIH,,SAYA PIKIR TIDAK ADA SALAHNYA JUGA SAYA COBA LAGI UNTUK MENGHUBUNGI AKI ALIH DAN AKHIRNYA AKI ALIH MEMBERIKAN ANGKA GHOIBNYA DAN ALHAMDULILLAH BERHASIL..KINI SAYA SANGAT BERSYUKUR MELIHAT KEHIDUPAN KELUARGA SAYA SUDAH JAUH LEBIH BAIK DARI SEBELUMNYA,DAN TANDA TERIMAH KASIH SAYA KEPADA AKI ALIH SETIAP SAYA DAPAT RUANGAN PASTI SAYA BERKOMENTAR TENTAN AKI ALIH …BAGI ANDA YANG INGIN SEPERTI SAYA SILAHKAN HUBUNGI AKI ALIH: 082==313==669==888


    KLIK DISINI ANGKA TOGEL JITU 2D 3D 4D 5D 6D





    Sekian lama saya bermain togel baru kali ini saya
    benar-benar merasakan yang namanya kemenangan 4D dan alhamdulillah saya dpat Rp 150 juta dan semuaini
    berkat bantuan angka dari AKI ALIH]
    karena cuma Beliaulah ang memberikan angka
    goibnya yg di jamin 100% tembus awal saya
    bergabung hanya memasang 100 ribu karna
    saya ngak terlalu percaya ternyatah benar-benar
    tembus dan kini saya ngak ragu-ragu lagi untuk memasang
    angkanya,,,,buat anda yg butuh angka yang dijamin tembus
    hubungi AKI ALIH] DI 082==313==669==888
    insya allah beliu akan menbatu k40esusahan
    anda apalagi kalau anda terlilit hutang trima kasih.? <<< ]

    ReplyDelete
  3. Taipan Indonesia | Taipan Asia | Bandar Taipan | BandarQ Online
    SITUS JUDI KARTU ONLINE EKSKLUSIF UNTUK PARA BOS-BOS
    Kami tantang para bos semua yang suka bermain kartu
    dengan kemungkinan menang sangat besar.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    Cukup Dengan 1 user ID sudah bisa bermain 7 Games.
    • AduQ
    • BandarQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • FaceBook : @TaipanQQinfo
    • WA :+62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    Come & Join Us!!

    ReplyDelete
  4. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    ReplyDelete

Back to Top