All About Brexit Inggris, Dampak Bagi Ekonomi Indonesia dan Dunia 2016

All About Brexit Inggris
Mari kita kupas tuntas secara lengkap seputar topik yang sedang hangat di dunia. Bagi anda semua yang rajin mengikuti berita seminggu terakhir ini, baik media lokal maupun internasional ramai-ramai membahas mengenai negara Inggris yang ingin bercerai dari Uni Eropa. Lalu hasilnya akhirnya? Inggris akan mengucapkan selamat tinggal pada Eropa.


Data yang diupdate terakhir pada pukul 07.01, Jumat (24/6/2016) waktu setempat mencatat, kubu yang ingin meninggalkan Uni Eropa menang dengan perolehan 51,9 persen. Sedangkan sisanya, kubu yang tetap bertahan di Uni Eropa sebanyak 48,1 persen. BBC pun mencatat angka yang sama, dengan perbandingan angka 17,410,742 memilih keluar Uni Eropa dan 16,141,241 bertahan. Meski hasil akhir belum resmi diumumkan, namun dampak referendum sudah terasa di berbagai belahan dunia. Pasar saham global ikutan anjlok dan memberi sentimen negatif ke pasar saham di berbagai negara, termasuk Indonesia. Sebenarnya apasih Brexit itu dan mengapa Inggris memilih buat keluar dari Uni Eropa ? Sebelum masuk ke topik utama, silahkan ditelisik dulu informasi yang satu ini.

PENGERTIAN UNI EROPA
All About Brexit Inggris
Uni Eropa (disingkat UE) adalah organisasi antar-pemerintahan dan supra-nasional, yang beranggotakan negara-negara Eropa. Sejak 1 Juli 2013 telah memiliki 28 negara anggota. Persatuan ini didirikan atas nama tersebut di bawah Perjanjian Uni Eropa (yang lebih dikenal dengan Perjanjian Maastricht) pada 1992. Namun, banyak aspek dari UE timbul sebelum tanggal tersebut melalui organisasi sebelumnya, kembali ke tahun 1950-an.

Organisasi internasional ini bekerja melalui gabungan sistem supranasional dan antarpemerintahan. Di beberapa bidang, keputusan-keputusan ditetapkan melalui musyawarah dan mufakat di antara negara-negara anggota, dan di bidang-bidang lainnya lembaga-lembaga organ yang bersifat supranasional menjalankan tanggung jawabnya tanpa perlu persetujuan anggota-anggotanya. Lembaga organ penting di dalam UE adalah Komisi Eropa, Dewan Uni Eropa, Dewan Eropa, Mahkamah Eropa, dan Bank Sentral Eropa. Di samping itu, terdapat pula Parlemen Eropa yang anggota-anggotanya dipilih langsung oleh warga negara anggota.

BRITANIA RAYA ITU MASIH JADI ANGGOTA UNI EROPA ?

Singkatnya seperti ini gan :
1. Britania Raya (Great Britain) merupakan : Inggris, Skotlandia dan Wales.
2. United Kingdom merupakan : Gabungan Britania Raya (Great Britain) dengan Irlandia Utara
3. Inggris merupakan sebuah negara, bukan UK (United Kingdom) dan juga bukan Britania Raya, namun Inggris merupakan negara penguasa UK dan Britania Raya.

PENGERTIAN BREXIT dan HUBUNGANNYA SAMA UNI EROPA
All About Brexit Inggris
Istilah Brexit berasal dari kata Britain Exit. Istilah ini mirip seperti ketika Yunani/Greek keluar dari Uni Eropa, maka orang menyebut peristiwa itu dengan Grexit yang berasal dari kata Greek Exit. Nah sekarang, mengapa "Brexit" begitu banyak dibicarakan saat ini? Dan, apa sih sebenarnya Brexit itu?

Referendum 'Brexit' adalah pemungutan suara dari seluruh warga negara Inggris, Irlandia dan negara kesatuan UK lainnya, untuk memutuskan apakah Inggris harus keluar dari Uni Eropa atau tetap berada di Uni Eropa. Pada tahun 2015, Perdana Menteri David Cameron, berjanji jika dia terpilih dalam pemilu, maka ia akan menyelenggarakan referendum terkait apakah Inggris akan keluar atau tetap dalam Uni Eropa.

ALASAN KENAPA INGGRIS MAU KELUAR DARI UNI EROPA?
All About Brexit Inggris
Argumen utama kelompok pro-Brexit adalah Inggris akan lebih baik jika bisa mengatur perekonomiannya sendiri dan kebijakan imigrasinya sendiri tanpa harus mengikuti rambu-rambu UE. Meskipun Inggris bergabung dengan UE, namun Inggris tidak pernah benar-benar merangkul kebijakan dan idealisme UE. Misalnya, Inggris tidak menjadi anggota Schengen Area yang membebaskan imigrasi dan tidak mengadopsi mata uang euro.

Boris Johnson, eks Wali Kota London, mengatakan bahwa kelemahan UE adalah menempatkan birokrasi yang tidak dipilih langsung untuk membuat kebijakan di Uni Eropa sehingga menyebabkan beberapa kebijakan yang tidak masuk akal dan merepotkan. Jika Inggris keluar dari Uni Eropa, maka banyak SDM yang berasal dari luar Inggris akan menggantung nasibnya, mereka tidak tahu apa yang akan terjadi nantinya. Selain itu, Inggris sendiri juga akan mengalami "kerugian". Ekonom mengatakan bahwa, perusahaan di Inggris akan kerepotan untuk mencari posisi pengganti jika banyak SDM yang potensial dari luar Inggris yang dikeluarkan, dan hal itu akan berpengaruh pada perlambatan perekonomian. Tidak hanya kehilangan "talent" namun Inggris juga akan kerepotan jika banyak SDM di posisi "kecil" dikeluarkan secara massal. Konon, di Inggris, jarang sekali ada orang yang mau bekerja sebagai pelayan toko atau restoran. Posisi seperti itu diisi oleh warga Uni Eropa di luar Inggris.

LALU APA DAMPAKNYA KE NEGARA UNI EROPA LAIN DAN DAMPAK KE NEGARA-NEGARA LAIN ?
All About Brexit Inggris
Menurut informasi yang ane rangkum dari detik, ada beberapa dampak yang disebabkan oleh Inggris yg memutuskan untuk keluar dari Uni Eropa.

1. Para negara Uni Eropa harus mulai memikirkan bagaimana cara menutup setoran yang kosong setelah Inggris hengkang.

2. Kontribusi Inggris ke Uni Eropa di 2016 targetnya 19,4 miliar euro. Nah kekosongan ini yang harus bisa dipenuhi nanti. 

3. Jerman, sebagai negara paling sehat di Uni Eropa, bisa jadi harus menyediakan dana lebih banyak untuk menutup kekurangan ini.

4. Seluruh negara Uni Eropa ada surplus perdagangan 100 miliar euro dengan Inggris. Sementara Inggris punya 20 miliar euro lebih banyak dari ekpor Inggris di bidang jasa dan finansial.

5. Banyak ekonom memprediksi Brexit akan menghambat pertumbuhan ekonomi Inggris, salah satunya gara-gara melemahnya permintaan dan nilai tukar pound. 

6. Ekspor barang dari negara-negara Uni Eropa ke Inggris pun dipastikan berkurang. Jumlah wisatawan di kedua belah pihak diperkirakan menyusut.

7. Britania Raya merupakan tujuan investasi terbesar dunia dengan nilai rata-rata US$ 56 miliar tiap tahun. Uni Eropa menyumbang setengah jumlah itu.

8. Hasil studi juga menunjukkan pasar investasi Inggris hampir setara dengan negara-negara gabungan Uni Eropa.

9. Ada kemungkinan, investor lebih memilih berinvestasi langsung ke Inggris ketimbang harus memilih antara 27 negara Uni Eropa.

DAMPAK BAGI AMERIKA DAN PASAR AMERIKA
All About Brexit Inggris
Eropa banyak membeli dan menggunakan produk dari beberapa perusahaan di Amerika Serikat (AS) yang terdaftar dalam indeks S&P 500, sehingga hal ini akan memberikan dampak langsung terhadap perusahaan-perusahaan tersebut. Namun, investor dan analis di AS tetap percaya, bahwa hal itu tidak akan berpengaruh signifikan dikarenakan barang-barang yang digunakan tersebut kebanyakan berasal dari perusahaan sektor makanan, minuman, dan obat-obatan yang masih akan terus dibutuhkan dan digunakan masyarakat Eropa.

Namun, ada hal lain yang perlu diperhatikan, terkait nilai tukar mata uang poundsterling, euro, dan dolar AS. Jika Inggris keluar dari Uni Eropa, ada potensi nilai tukar poundsterling dan euro mengalami pelemahan. Hal itu akan mendorong investor untuk menukarkan investasi dalam bentuk mata uang poundsterling dan euro ke dalam dolar AS, sehingga bisa mendorong nilai tukar dolar AS menjadi semakin tinggi.

Apa dampaknya jika memang terjadi hal tersebut? Apakah positif atau negatif untuk AS?

Menguatnya nilai mata uang sebuah negara, dalam hal ini Amerika, dapat berakibat pada semakin mahalnya harga barang yang diekspor, sehingga menjadi sulit bersaing dengan harga barang secara internasional. Dengan demikian, pendapatan negara dari ekspor menjadi berkurang.

DAMPAK BAGI INDONESIA
'Brexit' akan berpengaruh pada arus investasi di Indonesia yang datang dari Inggris. Namun dampak tersebut tidak terlalu signifikan, dan akan lebih terasa pada negara-negara di Uni Eropa. Jika Inggris keluar dari Uni Eropa, tidak akan berdampak besar terhadap ekonomi negara berkembang seperti Indonesia, tapi pengaruh Brexit bagi Indonesia tidak akan signifikan dan hanya bersifat sementara atau jangka pendek saja.

BREXIT ITU APAKAH NANTINYA AKAN MEMPENGARUHI DUNIA OLAHRAGA DI INGGRIS ?
Melihat efek Brexit terhadap sosio-politik dan juga ekonomi, tentu saja efeknya juga berimbas ke ranah olahraga dan sepakbola. Dengan menjadi anggota dari Uni Eropa, para atlet yang juga berasal dari negara anggota Uni Eropa bebas bekerja dan keluar-masuk Inggris tanpa harus mendapatkan izin kerja. Ini berbeda dengan para atlet yang berasal dari negara non-Uni Eropa, di mana mereka (khususnya dalam sepakbola) harus bermain dalam persentase tertentu dalam jumlah total pertandingan tim nasional mereka beberapa tahun terakhir untuk bisa mendapatkan izin kerja. Jika Inggris tidak menjadi anggota Uni Eropa sejak dulu, ada lebih dari 100 pemain tidak bisa berlaga di Premier League saat ini. Pemain-pemain seperti Dimitri Payet (West Ham United), N'Golo Kante (Leicester City) dan Anthony Martial (Manchester United) sudah pasti tidak akan mendapatkan izin kerja, sebab ketika mereka bergabung dengan klub masing-masing, mereka belum menjadi anggota dari timnas Prancis. Sedangkan pemain-pemain seperti Philippe Coutinho dan Diego Costa bisa mendapatkan izin kerja dengan mudah karena mereka sudah mengantongi status kewarganegaraan negara Uni Eropa.

Yang dikhawatirkan oleh Premier League, keluarnya Inggris dari Uni Eropa akan memengaruhi kadar kompetitif liga mereka. Maka, seperti dikabarkan The Telegraph, tidak mengherankan kalau Richard Scudamore, executive chairman dari Premier League, menyuarakan dirinya memilih agar Inggris tetap menjadi bagian Uni Eropa. Kini, seluruh badan olahraga yang ada di Inggris bakal beradaptasi dan mengevaluasi peraturan-peraturan mana saja yang ada dalam manual mereka yang berkaitan dengan Uni Eropa. Jika Premier League mendapatkan keterbatasan untuk mendapatkan pemain-pemain top yang berasal dari negara-negara Uni Eropa, mereka bisa membayar lebih mahal untuk biaya transfer dan juga gaji.

Klub-klub Premier League juga bisa kalah bersaing dengan klub-klub yang berasal dari negara Uni Eropa untuk mendapatkan talenta-talenta muda berbakat yang juga berasal dari negara Uni Eropa. Gambaran singkatnya, klub seperti Leicester City tidak akan mudah menggaet pemain seperti Kante, sementara Arsenal bakal kesulitan mencari pemain seperti Cesc Fabregas atau Francis Coquelin. 

Di sisi lain, keluarnya Inggris dari Uni Eropa juga dipandang sebagai keuntungan untuk talenta-talenta lokal. Dengan sulitnya mendapatkan pemain-pemain dari luar Uni Eropa, klub-klub Inggris, dan Premier League pada khususnya, tentu diharapkan lebih memaksimalkan dan memberikan kesempatan bermain untuk pemain-pemain asli Inggris.

Sumber Kaskus

Sekian update informasi kali ini semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda semua. Salam.

at 2:33 PM

5 comments:


  1. SAYA INGIN BERBAGI CERITA KEPADA SEMUA ORANG BAHWA MUNKIN AKU ADALAH ORANG YANG PALING MISKIN DIDUNIA DAN SAYA HIDUP BERSAMA ISTRI DAN 3 BUAH HATI SAYA SELAMA 10 TAHUN DAN 10 TAHUN ITU KAMI TIDAK PERNAH MERASAKAN YANG NAMANYA KEMEWAHAN,,SETIAP HARI SAYA SELALU MEMBANTIN TULANG BERSAMA SUAMI SAYA UNTUK KELUARGA SAYA NAMUN ITU SEMUA TIDAK PERNAH CUKUP UNTUK KEBUTUHAN HIDUP KELUARGA SAYA..AKHIRNYA AKU PILIH JALAN TOGEL INI DAN SUDAH BANYAK PARA NORMALYANG SAYA HUBUNGI NAMUN ITU SEMUA TIDAK PERNAH MEMBAWAKAN HASIL DAN DISITULAH AKU SEMPAT PUTUS ASA AKHIRNYA ADA SEORANG TEMAN YANG MEMBERIKAN NOMOR AKI ALIH,,SAYA PIKIR TIDAK ADA SALAHNYA JUGA SAYA COBA LAGI UNTUK MENGHUBUNGI AKI ALIH DAN AKHIRNYA AKI ALIH MEMBERIKAN ANGKA GHOIBNYA DAN ALHAMDULILLAH BERHASIL..KINI SAYA SANGAT BERSYUKUR MELIHAT KEHIDUPAN KELUARGA SAYA SUDAH JAUH LEBIH BAIK DARI SEBELUMNYA,DAN TANDA TERIMAH KASIH SAYA KEPADA AKI ALIH SETIAP SAYA DAPAT RUANGAN PASTI SAYA BERKOMENTAR TENTAN AKI ALIH …BAGI ANDA YANG INGIN SEPERTI SAYA SILAHKAN HUBUNGI AKI ALIH: 082==313==669==888

    KLIK DISINI 2d 3d 4d 5d 6d




    Sekian lama saya bermain togel baru kali ini saya
    benar-benar merasakan yang namanya kemenangan 4D dan alhamdulillah saya dpat Rp 150 juta dan semuaini
    berkat bantuan angka dari AKI ALIH]
    karena cuma Beliaulah ang memberikan angka
    goibnya yg di jamin 100% tembus awal saya
    bergabung hanya memasang 100 ribu karna
    saya ngak terlalu percaya ternyatah benar-benar
    tembus dan kini saya ngak ragu-ragu lagi untuk memasang
    angkanya,,,,buat anda yg butuh angka yang dijamin tembus
    hubungi AKI ALIH] DI 082==313==669==888
    insya allah beliu akan menbatu k40esusahan
    anda apalagi kalau anda terlilit hutang trima kasih.? <<< ]


    ..(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..
    «´
    _ ¨`»082==313==669==888
    ..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..



    الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل
































































    SAYA INGIN BERBAGI CERITA KEPADA SEMUA ORANG BAHWA MUNKIN AKU ADALAH ORANG YANG PALING MISKIN DIDUNIA DAN SAYA HIDUP BERSAMA ISTRI DAN 3 BUAH HATI SAYA SELAMA 10 TAHUN DAN 10 TAHUN ITU KAMI TIDAK PERNAH MERASAKAN YANG NAMANYA KEMEWAHAN,,SETIAP HARI SAYA SELALU MEMBANTIN TULANG BERSAMA SUAMI SAYA UNTUK KELUARGA SAYA NAMUN ITU SEMUA TIDAK PERNAH CUKUP UNTUK KEBUTUHAN HIDUP KELUARGA SAYA..AKHIRNYA AKU PILIH JALAN TOGEL INI DAN SUDAH BANYAK PARA NORMALYANG SAYA HUBUNGI NAMUN ITU SEMUA TIDAK PERNAH MEMBAWAKAN HASIL DAN DISITULAH AKU SEMPAT PUTUS ASA AKHIRNYA ADA SEORANG TEMAN YANG MEMBERIKAN NOMOR AKI ALIH,,SAYA PIKIR TIDAK ADA SALAHNYA JUGA SAYA COBA LAGI UNTUK MENGHUBUNGI AKI ALIH DAN AKHIRNYA AKI ALIH MEMBERIKAN ANGKA GHOIBNYA DAN ALHAMDULILLAH BERHASIL..KINI SAYA SANGAT BERSYUKUR MELIHAT KEHIDUPAN KELUARGA SAYA SUDAH JAUH LEBIH BAIK DARI SEBELUMNYA,DAN TANDA TERIMAH KASIH SAYA KEPADA AKI ALIH SETIAP SAYA DAPAT RUANGAN PASTI SAYA BERKOMENTAR TENTAN AKI ALIH …BAGI ANDA YANG INGIN SEPERTI SAYA SILAHKAN HUBUNGI AKI ALIH: 082==313==669==888

    KLIK DISINI 2d 3d 4d 5d 6d




    Sekian lama saya bermain togel baru kali ini saya
    benar-benar merasakan yang namanya kemenangan 4D dan alhamdulillah saya dpat Rp 150 juta dan semuaini
    berkat bantuan angka dari AKI ALIH]
    karena cuma Beliaulah ang memberikan angka
    goibnya yg di jamin 100% tembus awal saya
    bergabung hanya memasang 100 ribu karna
    saya ngak terlalu percaya ternyatah benar-benar
    tembus dan kini saya ngak ragu-ragu lagi untuk memasang
    angkanya,,,,buat anda yg butuh angka yang dijamin tembus
    hubungi AKI ALIH] DI 082==313==669==888insya allah beliu akan menbatu k40esusahan
    anda apalagi kalau anda terlilit hutang trima kasih.? <<< ]



    ..(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)..
    «´
    _ ¨`»082==313==669==888
    ..(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )..


    الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل











    ReplyDelete
  2. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    ReplyDelete
  3. Saya Atas nama IBU WINDA ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di SINGAPURA jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga di kampun,jadi TKW itu sangat menderita dan di suatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak di sengaja saya melihat komentar orang tentan AKI SOLEH dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di SINGAPURA,akhirnya saya coba untuk menhubungi AKI SOLEH dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg di berikan AKI SOLEH 100% tembus (4D) <<< 3442 >>> saya menang togel (763,juta) meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan AKI SOLEH kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik AKI SOLEH sekali lagi makasih yaa AKI dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja AKI SOLEH DI 082-313-336-747- insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW trimah kasih banyak atas bantuang nomor togel nya AKI wassalam.






    KLIK DISINI SITUS ANGKA RAMALAN TOGEL GAIB HARI INI


























    Saya Atas nama IBU WINDA ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di SINGAPURA jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga di kampun,jadi TKW itu sangat menderita dan di suatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak di sengaja saya melihat komentar orang tentan AKI SOLEH dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di SINGAPURA,akhirnya saya coba untuk menhubungi AKI SOLEH dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan AKI SOLEH 100% tembus(4D) <<< 3442 >>> saya menang togel (763,juta) meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan AKI SOLEH kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik AKI SOLEH sekali lagi makasih yaa AKI dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja AKI SOLEH DI 082-313-336-747- insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW
    trimah kasih banyak atas bantuang nomor togel nya AKI wassalam.






    KLIK DISINI SITUS ANGKA RAMALAN TOGEL GAIB HARI INI
















    ReplyDelete
  4. Taipan Indonesia | Taipan Asia | Bandar Taipan | BandarQ Online
    SITUS JUDI KARTU ONLINE EKSKLUSIF UNTUK PARA BOS-BOS
    Kami tantang para bos semua yang suka bermain kartu
    dengan kemungkinan menang sangat besar.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    Cukup Dengan 1 user ID sudah bisa bermain 7 Games.
    • AduQ
    • BandarQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • FaceBook : @TaipanQQinfo
    • WA :+62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    Come & Join Us!!

    ReplyDelete
  5. JADIKAN AGEN KAMI MENJADI FAVORIT ANDA ,
    AYOO BERGABUNG BERSAMA RIBUAN MEMBER KAMI YANG LAINNYA
    HANYA DI HTTP :// WWW.ARENA-DOMINO.COM
    BONUS ROLLINGAN TERBESAR 0,3 % SETIAP MINGGUNYA .
    Untuk keterangan lebih lanjut, segera hubungi kami di: WA : [+855]964967353

    ReplyDelete

Back to Top