Profil Biografi Boenjamin Setiawan (PT Kalbe Farma Tbk) Terbaru 2014


Profil Biodata Boenjamin Setiawan (PT Kalbe Farma Tbk)

Orangterkaya-id.blogspot.com - Siapa yang kenal dengan Boenjamin Setiawan? Beliau ini adalah salah satu orang terkaya di Indonesia versi Forbes pada tahun 2011 silam.


Boenjamin Setiawan adalah sosok yang patut diacungi jempol. Dedikasinya sangat tinggi untuk kemajuan industri farmasi di Indonesia. Beliau merupakan pendiri dan Komisaris Utama dari PT Kalbe Farma Tbk. Pasti Anda sudah mengenal produk yang sudah diproduksi oleh perusahaan tersebut. PT Kalbe Farma Tbk memang sudah banyak memproduksi obat-obatan dan sudah tersebar luas di Indonesia.

Latar Belakang
Latar belakang dari Boenjamin Setiawan adalah seorang yang memiliki predikat yang baik dalam bidang akademis khususnya dalam bidang farmakologi dan farmakinetik. Keluarga Boenjamin Setiawan juga sangat mendukung beliau dalam membangun usaha dalam bidang farmasi.

Pendidikan
Boenjamin Setiawan sebelum menjalankan bisnisnya dalam bidang farmasi, beliau merupakan lulusan dari Universitas Indonesia. Boenjamin Setiawan meraih gelar dokter di Universitas Indonesia, kemudian melanjutkan studinya di University of California dan berhasil meraih gelar Ph.D di bidang farmakologi. Beliau juga sampat menjadi dosen selama beberapa tahun, namun akhirnya dirinya memilih untuk terjun di dunia bisnis farmasi.

Bisnis
Setelah menyelesaikan studinya di University of California, Boenjamin Setiawan akhirnya memilih untuk menjalani bisnis di dunia farmasi. Pada tahun 1966 Boenjamin Setiawan resmi mendirikan Grup Kalbe. Tepatnya pada tanggal 10 September 1966 Kalbe Group resmi berdiri. Sebenarnya Boenjamin Setiawan tidak sendiri dalam mendirikan perusahaan yang saat ini menjadi perusahaan farmasi terbesar di Indonesia. Ia dibantu oleh 5 saudaranya dalam membangun usaha ini. Saudara dari beliau yang membantunya antara lain adalah: Khouw Lip Tjoen, Khouw Lip Hiang, Khouw Lip Swan, Maria Karmila, dan F. Bing Aryanto.

Pria yang akrab disapa Dr. Boen ini membangun usaha farmasi dengan penuh dedikasi sehingga membawa hasil yang memuaskan. Ia sangat paham bagaimana caranya untuk membuat obat dengan dosis yang pas namun dengan harga yang terjangkau. Selain itu, beliau juga mengerti dengan perkembangan di dunia farmasi global. Hal ini membuat Boenjamin Setiawan menjadi seorang pria yang matang dalam urusan farmasi dan yang paling penting adalah dia langsung terjun dalam mengembangkan jenis obat-obatan dan makanan kesehatan di perusahaannya yaitu PT Kalbe Farma Tbk.

Ia berani mengambil langkah besar dalam membangun bisnis di dunia farmasi Indonesia. Ia tak tanggung-tanggung dalam membangun dan merawat perusahaannya tersebut. Ia menggabungkan 3 perusahaannya untuk memperkuat posisinya di dunia farmasi Indonesia. Ketiga perusahaan tersebut adalah Kalbe Farma, Dankos Laboratories, dan PT Enseval Putra Megatrading yang merupakan perusahaan distribusinya. Hal tersebut beliau lakukan untuk menjadikan produksinya menjadi lebih efisien dan tentunya memperbesar pasar. Tak hanya itu, Boenjamin Setiawan juga membangun perusahaan baru yang bergerak dalam bidang riset dan pengembangan yaitu PT Innogene Kabiotect Pte. Ltd dan juga bekerja sama dengan Morinaga dalam mendirikan perusahaan susu dengan investasi mencapai 500 miliar rupiah.

 PT Kalbe Farma Tbk

Jenis     Publik (IDX: KLBF)
Industri     Farmasi, produk nutrisi, distribusi dan logistik, alat kesehatan
Didirikan     1966
Kantor pusat     Jakarta, Indonesia
Tokoh penting     Irawati Setiady
Produk     Farmasi
Karyawan     15.000
Situs web     www.kalbe.co.id

Grup Kalbe
Grup Kalbe menangani beberapa portofolio merek untuk produk obat resep, obat bebas, minuman energi dan nutrisi, yang dilengkapi dengan kekuatan bisnis usaha kemasan dan distribusi. Kalbe memiliki fokus bisnis pada 4 divisi, yaitu:

SBU Pharmaceutical (divisi obat resep (kontribusi 25%))

    PT. Kalbe Farma Tbk
    PT. Hexpharm Jaya
    PT Dankos Farma
    PT Finusolprima
    Kalbe Vision Pte. Ltd.
    Innogene Kalbiotech Pte. Ltd

SBU Consumer Health (divisi produk kesehatan (kontribusi 17%))

    Kalbe OTC
    PT Bintang Toedjoe
    PT Saka Farma Lab.
    PT Hale International
    Kalbe International Pte. Ltd

SBU Nutritionals (divisi nutrisi (kontribusi 22%))

    PT Sanghiang Perkasa (Kalbe Nutritionals)
    PT. Kalbe Morinaga Indonesia

SBU Distribution & Logistik (divisi distribusi & kemasan (kontribusi 36%))

    PT Enseval Putra Megatrading. Tbk
    PT Enseval Medika Prima
    PT Milenia Dharma Insani

Selain di Indonesia, Kalbe memiliki 10 cabang di luar negeri yaitu: negara ASEAN (Singapura, Filipina, Malaysia, Thailand, Kambodia, Vietnam, Myanmar), Sri Lanka, Nigeria dan Afrika Selatan.

Kekayaaan
Keberhasilannya dalam membangun bisnis di bidang farmasi membuat Boenjamin menjadi deretan orang kaya di Indonesia. Majalah Forbes pada tahun 2011 lalu menafsirkan harta kekayaan Boenjamin Setiawan mencapai 2 milliar dollar Amerika Serikat. Perusahaannya juga semakin berkembang dan menghasilkan produk yang berkualitas dan disukai masyarakat Indonesia. Beberapa produk yang sudah beredar di Indonesia antara lain adalah Promag, Mixagrip, Woods, Komix, Extra Joss, dan Prenagen. Tentu saja omset dari perusahaan ini sangat besar. Bahkan saat ini Kalbe adalah salah satu perusahaan farmasi yang terbesar di Asia Tenggara dan sahamnya mencapai lebih dari 1 milliar dollar dengan penjualan lebih dari 7 triliun rupiah. Demikian biografi singkat Boenjamin Setiawan.

Hari-Hari Tua Boenjamin Setiawan

Walaupun kini usia Boenjamin sudah mencapai 80 tahun, dia masih terlihat sehat. Ia membagikan resep khusus untuk para lansia yaitu ada 7B yang dapat menghambat proses penuaan. 7B tersebut merupakan singkatan dari bekerja, belajar, berolahraga, beristirahat, banyak maunya, bersyukur, dan banyak berdoa. Boenjamin mengatakan bahwa ketujuh hal ini sangat penting. Walaupun sudah tua, bukan berarti harus berhenti bekerja. Lansia sebaiknya tetap aktif dengan mengerjakan apa saja yang bisa dilakukan. Selain itu, belajar juga dapat melatih kemampuan otak sehingga jika otak tidak bekerja, maka otak akan cepat mundur. Boenjamin juga mengatakan bahwa bersyukur dan berdoa adalah hal yang tidak kalah penting. Walaupun saat ini sudah tua, Boenjamin masih menjadi sosok yang selalu ingin maju. Pada tahun 2011 lalu, perusahaannya telah mengakuisi Hale International senilai 10 juta USD.

Sumber: http://www.orangterkayaindonesia.com

Sekian update informasi kali ini seputar Biodata Orang Terkaya Indonesia Boenjamin Setiawan - Pendiri PT Kalbe Farma Tbk Terbaru 2014. Semoga bermanfaat dan dapat menginspirasi sobat samua. Salam.

Belum ada komentar untuk "Profil Biografi Boenjamin Setiawan (PT Kalbe Farma Tbk) Terbaru 2014"

Post a Comment

Back to Top