Panduan Lengkap Investasi Emas Murah, Aman, Menguntungkan 2016

Panduan Lengkap Investasi Emas Murah, Aman, Menguntungkan 2016

Gold Investment - Emas selalu menjadi investasi dengan nilai tinggi. Investasinya dapat melalui kepemilikan logam itu sendiri, reksadana, atau tambang emas. Ketiganya memberikan efek langsung terhadap dollar.


Bila dolar sedang jatuh, emas pasti akan naik. Bila hal ini terjadi secara signifikan, pertumbuhan emas akan terlihat melesat di masa depan. Kemungkinan, emas akan menjadi standar ekonomi dunia.

Keberagaman instrumen investasi membuat masyarakat memiliki banyak pilihan untuk menanamkan uangnya. Investasi emas salah satunya, yang tetap menjadi pilihan utama masyarakat untuk berinvestasi.

Direktur Pemasaran PT Aneka Tambang (Persero) Hari Widjajanto menilai, hal itu karena investasi pada emas memiliki beberapa keunggulan.

Keunggulan itu mulai dari, investasi emas yang bersifat riil. Investor bisa memiliki investasinya dalam bentuk fisik saat dibeli.


‎"Emas itu kan bisa punya secara fisik memang betul-betul logam mulia artinya bukan paper. Sejak zaman Rasulullah untuk alat pembayaran‎Hari menambahkan, emas juga memiliki fungsi sebagai alat lindung nilai investasi. Itu dipicu harga emas yang cenderung stabil.



Emas juga alat investasi yang jauh dari praktik spekulan. Investasi emas berbeda dengan investasi di saham, di mana harganya bisa bergejolak sewaktu-waktu. Memang, Hari mengaku sulit untuk memastikan tingkat imbal hasil (return) dari investasi emas. Akan tetapi, dalam jangka panjang harga emas terus mengalami perbaikan.

"Kalau dari sisi harga tidak akan jatuh dengan sangat ekstrem. Kalau berani bertahan, emas memberikan nilai positif," tutup dia.


Cara Investasi Emas Murah dan Aman - Panduan Lengkap Terbaru 2016
PT Aneka Tambang (Persero) atau Antam memastikan investasi di emas menjadi semakin murah. Apalagi, ‎Antam telah meluncurkan produk jasa depositori dengan nama Berencana Aman Kelola Emas (Brankas).


Direktur Pemasaran PT Aneka Tambang (Persero) Hari Widjajanto mengatakan, dengan Brankas masyarakat bisa berinvestasi dengan cara mudah dan aman. "Kalau investor punya emas 2 gram atau 5 gram tidak masalah kalau disimpan di rumah. Tapi kalau 100 gram atau satu kilo orang mikir, aman tidak," kata dia di Jakarta, Selasa 26 April 2016.


Dengan produk jasa Brankas, masyarakat bisa investasi dengan murah. Pasalnya, untuk investor individu bisa melakukan pembelian minimal 1 gram. "Untuk kemudahan, sebelumnya membeli 5 gram sekarang individu 1 gram saja. Jadi lebih kompetitif," kata dia.


Sementara ‎itu, investasi di emas memiliki beberapa keunggulan:
  1. Pertama, investasi emas merupakan investasi yang riil karena investor memiliki secara fisik.
  2. Kedua, emas memiliki fungsi sebagai alat lindung nilai. Dia mengatakan, emas merupakan alat investasi yang stabil.
  3. Terakhir, emas juga alat investasi yang jauh dari perilaku spekulan. Dia mengatakan, emas berbeda dengan saham yang harga bisa berubah drastis sewaktu-waktu.

Cara Ikut Program Emas Murah di Antam

Antam meluncurkan produk jasa depositori logam mulia dengan nama Berencana Aman Kelola Emas (Brankas) pada Senin 11 April 2016 lalu. Dengan ada produk ini diharapkan masyarakat dapat membeli emas dan melakukan perencanaan yang baik di masa depan.

Produk Brankas terdiri dari tiga kelompok, yakni Brankas Individu untuk pelanggan personal, ‎Brankas Corporate untuk korporasi yang ingin membuka akses investasi untuk karyawannya, dan Brankas Berzakat untuk pelanggan yang ingin menunaikan zakat.

Dari data seperti dilansir dari Liputan6.com, untuk pembukaan Brankas, pelanggan cukup menyediakan identitas berupa KTP dan NPWP. Kemudian, pelanggan melakukan registrasi di jaringan Antam yang tersebar di seluruh Indonesia.

Setelah melakukan registrasi, pelanggan bisa melakukan aktivitas jual beli melalui online logammulia.com, brankaslm.com, atau antam.com.

Kemudian, untuk pengambilan atau buy back dilakukan melalui online. Setelah itu untuk pengambilan fisik di gerai Antam.

Untuk diketahui setiap jenis kelompok Brankas memiliki ketentuan yang berbeda. Misalnya untuk Brankas Individu Gold, pelanggan dikenai biaya Rp 300 ribu per tahun. Jaminan emas yang bisa dicover maksimal 500 gram dengan masa titip 3 bulan. Untuk produk ini pelanggan diwajibkan memiliki saldo minimal 1 gram.

Sementara untuk Brankas Corporate, pelanggan dikenai biaya tahunan Rp 1,75 juta per ‎tahun dan jaminan emas yang bisa dicover mencapai 5.000 gram. Pelanggan memiliki masa titip 3 bulan dengan saldo minimal 20 gram.

Panduan Lengkap Investasi Emas Murah, Aman, Menguntungkan 2016
4 Cara Terbaik Untuk Investasi Emas
Anda punya banyak pilihan untuk menginvestasikan emas. Melansir dari Daily Reckoning, Rabu (20/4/2016) berikut adalah 4 cara yang bisa Anda pilih.

1. Kepemilikan langsung
Tidak ada yang memiliki nilai murni selain emas batangan. Secara historis, banyak peradaban telah mengakui nilai emas. Emas adalah satu-satunya uang riil, dan nilainya tidak dapat diubah atau dikendalikan.
Sayangnya, nilai emas hanya akan naik berdasarkan ketersediaan dan permintaan. Kerugian memiliki emas adalah rentang perdagangan yang lebar antara penawaran dan permintaan. Jadi jangan berharap untuk menghasilkan keuntungan cepat.

2. Perdagangan emas di bursa dana
Ledakan terbaru dalam exchange traded funds (ETF) menawarkan cara untuk berinvestasi emas yang lebih menarik. ETF adalah jenis reksa dana yang diperdagangkan di bursa efek seperti saham biasa. Portofolio ETF bersifat tetap di muka dan tidak berubah.
Emas ETF yang diperdagangkan secara portofolio di Amerika Serikat merupakan dua emas batangan. Anda dapat menemukan dua ETF ini di bawah simbol "GLD" (TRACKS Gold Trust) dan "IAU" (Trust iShares COMEX Gold Trust).

3. Reksa dana emas
Bagi orang-orang yang ragu untuk berinvestasi di emas fisik, tapi masih ingin berinvestasi, reksa dana emas bisa menjadi alternatif. Dana ini memegang portofolio saham-bahwa emas seperti saham Newmont Mining yang merupakan perusahaan tambang emas.

4. Saham emas junior
Saham ini adalah saham perusahaan emas yang masih junior atau belum besar. Tingkat saham pada jenis investasi ini lebih spekulatif. Saham junior cenderung memiliki tambang produktif, namun memiliki kemungkinan eksplorasi dengan potensi keuntungan lebih tinggi. Akan tetapi juga memiliki resiko kerugian yang besar.

Kemungkinan kapitalisasi lebih kecil daripada kapitalisasi saham emas senior. Kisaran investasi ini adalah untuk investor yang memiliki resiko toleransi lebih luas. 

Apakah Aman Investasi Emas Secara Online?
Bagaimanakah dengan investasi emas secara online yang tengah menjadi tren saat ini? Apakah aman mengonversi bentuk investasi langsung emas ke dalam bentuk online?

Investasi emas secara online membuka peluang Anda membeli dengan jumlah kecil hingga tecapai nilai serupa nilai emas batangan. Inilah yang membuat investasi emas secara online kian digemari, yakni khalayak tidak perlu harus langsung berinvestasi dalam bentuk emas batangan dalam sekali transaksi. Nilai rupiah yang dihasilkan dari investasi emas secara online pun tidak jauh berbeda dengan ivestasi logam mulia secara batangan langsung.

Namun, bukan berarti investasi emas secara online tidak memiliki risiko. Salah satu risiko terbesar adalah kemungkinan Anda kehilangan experience dalam menyimpan emas secara fisik. Bahkan, terdapat pula kemungkinan perantara investasi emas online yang Anda percayakan kolaps sehingga Anda kesulitan menarik kembali investasi emas. Meskipun hal terakhir yang disebut memiliki kemungkinan yang sangat kecil, tapi tetap perlu diwaspadai secara cermat.

Baik investasi langsung maupun online, emas tetap memiliki fluktuasi nilai. Nilai rupiah emas tidak selalu meningkat, karena dalam beberapa hal dapat pula menunjukkan tren pelemahan. Meskipun begitu, emas tetap banyak disarankan oleh para perencana keuangan karena dianggap pilihan yang minim risiko untuk kebutuhan dana darurat. Beberapa juga ada yang menganggap investasi emas baik untuk melindungi nilai rupiah karena tidak termakan inflasi.

Jadi, apakah Anda berniat untuk mulai berinvestasi emas secara online?

***Diolah dari berbagai sumber.

Sekian update informasi kali ini semoga bermanfaat dan dapat menjadi sumber referensi anda semua yang sedang ingin memulai bisnis investasi emas. Salam.
at 5:49 PM

Belum ada komentar untuk "Panduan Lengkap Investasi Emas Murah, Aman, Menguntungkan 2016"

Post a Comment

Back to Top