8 Profesi Terbaik Paling Dibutuhkan di Era MEA Terbaru 2016

para pekerja
Awal tahun 2016 negara Indonesia memberlakukan perdagangan pasar bebas atau lebih dikenal dengan sebutan MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). Tentu akan memunculkan banyak lapangan kerja atau lowongan kerja sesuai bidangnya.


Perdagangan bebas di kawasan ASEAN juga akan menciptakan persaingan tenaga kerja yang amat sangat ketat di kawasan Asia Tenggara. Di Negara Indonesia sendiri sebelum berlakunya era MEA persaingan tenaga kerja sudah begitu ketat, buktinya banyak lulusan sarjana yang menganggur belum mendapatkan kerja karena mereka kalah bersaing di dunia kerja. Apalagi di era MEA ini, persaingan menjadi semakin tambah ketat sekali, hanya mereka-mereka yang mempunyai keahlian bagus yang bisa bersaing dan mendapatkan pekerjaan yang diinginkannya.

Namun dengan berlakunya MEA dan persaingan semakin tambah ketat, itu semua tidak akan melemahkan daya saing bangsa atau mengancam perekonomian negara Indonesia, bahkan sebaliknya, dengan diberlakukannya MEA justru menjadi peluang bagi kita untuk meningkatkan kemampuan daya saing Sumber Daya Manusia dan pertumbuhan industri nasional di negara Indonesia. 

Ketika memberikan pidato pada acara wisuda lulusan program pascasarjana, Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Dwikorita Karnawati memberikan informasi mengenai beberapa profesi yang persaingannya cukup besar dan diincar oleh kebanyakan dunia kerja, dia juga menegaskan bahwa kapasitas lulusan Perguruan Tinggi di Tanah Air sebenarnya cukuplah handal, Dia optimis bahwa mereka dapat menopang dan sekaligus menjadi pengendali arus keterbukaan ekonomi di ASEAN. Berikut ini adalah beberapa Profesi yang paling di cari di era MEA menurut Dwikorita Karnawati;


Ada delapan profesi yang akan terkena dampak kebijakan pasar bebas yang tertuang dalam ASEAN Mutual Recognition Arrangement (MRA). MRA masing-masing profesi telah menetapkan standar dan kompetensi yang diperlukan di kancah ASEAN.

1. Insinyur

Insinyur adalah seseorang yang bekerja dalam bidang teknik, orang tersebut menggunakan pengetahuan ilmiah untuk menyelesaikan masalah praktis menggunakan teknologi. Jurusan di Perguruan Tinggi yang berhubungan dengan Insinyur ini biasanya adalah jurusan Teknik. Hampir semua jurusan pendidikan yang berkaitan dengan insinyur (engineering) mempelajari ilmu tentang teknik yang ada hubunannya dengan matematika dan sains. Pendidikan insinyur biasanya juga mempelajari teori-teori dasar dan lanjutan bidang teknik dan disertai dengan praktek di laboratoriun dan kerja nyata. 

Biasanya seorang insinyur dapat bekerja di sebuah pabrik dan memegang tanggung jawab dalam hal proses produksi, pengujian, perawatan sampai pada pengembangan peralatan industri. Profesi seperti ini sangatlah dibutuhkan sekali di era MEA, karena dengan adanya persaingan bebas, maka akan banyak investor yang masuk ke Indonesia dan mereka pastinya akan mendirikan sebuah pabrik baru, sehingga membutuhkan seorang insinyur yang dapat dipekerjakan untuk menjalankan pabriknya.

2. Arsitek

Pekerjaan seorang Arsitek adalah mendesain sebuah bangunan, entah itu berupa rumah hunian, gedung ataupun kantor. Bukan hanya pintar dalam hal mendesain sebuah bangunan saja, namun seorang arsitek juga handal dalam hal mengawasi konstruksi bangunan. Karena bangunan yang telah dia desain jika dalam pembangunannya tidak diawasi prosesnya maka hasilnyapun tidak akan sesuai dengan hasil desain awalnya. Jenis pekerjaan seperti ini sangatlah dibutuhkan di era MEA, karena dengan meningkatnya persaingan SDM dan tenaga kerja di Indonesia maka pembangunan seperti rumah, gedung, kantor, dan bangunan lainnya akan semakin bertambah.

3. Tenaga Pariwisata

Setiap negara pasti mempunyai tempat pariwisata dan menjadikan unggulan dari sebuah negara supaya dikenal dikancah Internasional. Seperti yang pernah dibilang oleh Bupati banyuwangi, bahkan pendapatan negara terbesar saat ini sudah bukan lagi dari minyak bumi yang dihasilkan, Namun dari pendapatan yang bersumber dari pariwisata. Banyak negara-negara maju saat ini berlomba-lomba menciptakan pariwisata yang dapat menarik turis manca negara sehingga mendapatkan devisa yang banyak bagi negaranya. Semakin tahun, dunia pariwisata semakin berkembang, apalagi di era MEA ini, negara Indonesia juga semakin mengeksplor wisatanya yang kaya dan tak ternilai keindahannya, maka dari itu akan banyak sekali tenaga kerja dibidang pariwisata yang akan dibutuhkan. 

4. Akuntan

Seorang Akuntan tugasnya adalah mencatat keuangan dari sebuah instansi dan perkantoran, yang jelas di era MEA saat ini dan yang akan datang, akan banyak perusahaan-perusahaan baru yang timbul baik dari pengusaha dalam negeri maupun dari investor asing. Maka dari itu akan dibutuhkan banyak sekali tenaga Akuntan untuk membantu menangani bagian keuangan sebuah perusahaan. 

5. Dokter

Dokter adalah seseorang yang pekerjaannya menyembuhkan orang yang sedang sakit. Seorang dokter biasanya bekerja di sebuah Rumah Sakit, baik rumah sakit umum maupun rumah sakit swasta, bahkan seorang dokter juga bekerja di sebuah klinik-klinik kesehatan milik perorangan. Untuk bisa menjadi seorang dokter yang jelas seseorang harus kuliah di jurusan kesehatan dan tentunya membutuhkan dana banyak untuk bisa lulus dan menjadi seorang dokter, namun sekarang ini sudah banyak beasiswa jurusan kedokteran di Indonesia ini. Semakin tahun jumlah penduduk di suatu negara pastinya semakin bertambah, apalagi dengan adanya MEA ini, jumlah tenaga kerja juga akan bertambah, baik itu dari negara Asia ataupun luar Asia. Dengan semakin bertambahnya orang, maka resiko terkena penyakit juga akan semakin besar, maka dibutuhkan banyak Rumah Sakit dan dokter untuk menangani permasalahan tersebut. 

6. Tenaga Survei

Tenaga survei tugasnya adalah mensurvei baik jumlah orang maupun profil diri seseorang. Pada era MEA yang jumlah orang di suatu negara semakin banyak dan keberagaman orangnya juga semakin banyak, terdiri dari berbagai negara ASEAN, maka dibutuhkan banyak sekali tenaga survei untuk mendata semuanya. Bukan hanya untuk mensurvei orang saja, tenaga survei biasanya juga dimanfaatkan oleh beberapa perusahaan Asuransi atau perbankan untuk mensurvei calon nasabahnya.

7. Praktisi 
Seorang praktisi biasanya bekerja di lapangan, mereka ahli dalam bidang tertentu dalam biasanya langsung terjun ke dalam pekerjaan yang sesuai dengan keahliannya tersebut. Seorang praktisi biasanya sering disebut dengan pekerja lapangan, jika pada industri pertambangan, biasanya seorang praktisi berhadapan dengan mesin-mesin yang digunakan untuk menambang. 

8. Perawat

Profesi yang mempunyai tugas untuk menjaga/merawat seseorang ini sangatlah dibutuhkan sekali pada era MEA, karena seiring dengan perkembangan jaman, banyak sekali orang-orang kaya yang menitipkan orang tuanya yang sudah tua untuk dirawat oleh seorang Perawat karena kesibukannya tidak bisa merawat sendiri. Selain merawat seseorang yang sedang tua, perawat orang sakit atau perawat yang biasanya ada di Rumah Sakit juga sangat dibutuhkan sekali pada era MEA sekarang ini. 

Sumber: Bangsaku.web.id

Sekian update informasi kali ini seputar beberapa profesi yang paling banyak dicari di era MEA. Apabila Anda mempunyai anak yang akan lulus dari SMA, disarankan untuk memilih jurusan yang paling banyak dicari di dunia kerja, sebab prospek kerja dari sebuah jurusan juga sangat menentukan dalam memperoleh pekerjaan yang akan datang. Semoga bermanfaat. Salam.
at 5:59 PM

2 comments:

  1. Ass...saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH RAWA GUMPALA,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan nomor dan dana ghaibnya,alhamdulillah kini saya sudah bisa membuka usaha kembali yang dulunya pakum karna masalah faktor ekonomi dan kini kami sekeluarga sudah sangat serba berkecukupan dan tidak pernah lagi hutang sana sini,,bagi anda yang punya masalah keuangan jangan sungkan-sungkan untuk menhubungi MBAH RAWA GUMPALA karna insya allah beliau akan membantu semua masalah anda dan baru kali ini juga saya mendaptkan para normal yang sangat hebat dan benar-benar terbukti nyata,ini bukan hanya sekedar cerita tapi inilah kisah nyata yang benar-benar nyata dari saya dan bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi saja MBAH RAWA GUMPALA di 085==316==106==111




    (((( BUKA BLO DANA GHAIB DAN NOMOR GHAIB MBAH RAWA GUMPALA ))))







    Ass...saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH RAWA GUMPALA,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan nomor dan dana ghaibnya,alhamdulillah kini saya sudah bisa membuka usaha kembali yang dulunya pakum karna masalah faktor ekonomi dan kini kami sekeluarga sudah sangat serba berkecukupan dan tidak pernah lagi hutang sana sini,,bagi anda yang punya masalah keuangan jangan sungkan-sungkan untuk menhubungi MBAH RAWA GUMPALA karna insya allah beliau akan membantu semua masalah anda dan baru kali ini juga saya mendaptkan para normal yang sangat hebat dan benar-benar terbukti nyata,ini bukan hanya sekedar cerita tapi inilah kisah nyata yang benar-benar nyata dari saya dan bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi saja MBAH RAWA GUMPALA di 085==316==106==111

    ReplyDelete
  2. «KISAH SUKSES HERI »
    Aslamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang properti, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, istri pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja, dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Ternyata benar benar terbukti dan 2Miliar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir dari Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda.” sy sangat berterimakasih banyak kepada AKI ZYEH MAULANA dan jika anda ingin seperti saya silahkan Telefon di 085298275599 Untuk yg di luar indon telefon di +6285298275599,Atau Lihat Di internet ««KLIK DISINI»» saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia.


    PESUGIHAN MENGUNAKAN MINYAK GHAIB

    PENARIKAN UANG MENGGUNAKAN MUSTIKA

    BUAYER ANTIQUE/MUSTIKA

    RITUAL TOGEL/LOTREY

    ReplyDelete

Back to Top