Pemikiran Salah Kaprah dalam Memulai Bisnis - Dare to be Entrepreneur

Pemikiran Salah Kaprah dalam Memulai Bisnis - Dare to be Entrepreneur

Orangterkaya-id.blogspot.com - Ketika kita ingin menjadi seorang entrepreneur, sering kali kita terjebak pada hal yang sebenarnyah tidak diperlukan untuk langkah awal, seperti pertanyaan dibawah ini:
1. Saya punya modal 3 juta enaknya bisnis apa yah?
Guah dah pengen lempar sendal nih klo ada yang nanya gini, lu teh mau minta saran apa sombong punya duit 3 juta? bisnis itu bukan soal uang, bisnis itu bagaimana kita memberi untuk kemudian mengambil manfaat seperlunya.

2. Bisnis yang rame sekarang apa yah?
Mending agan ngomong sama sendal, dalam bisnis itu ada siklus apa yang rame hari ini akan rame terus selamanya. buktinya adalah demam snack, tahun 2011 sampe 2012 booming, tahun 2013 langsung surut, bisnis yang baik itu adalah selalu bisa beradaptasi dengan permintaan pasar , bisnis akan mati ketika berhenti berinovasi.

3. Saya mahasiswa, belum punya duit/modal ??
ini pertanyaan paling banci banget menurut guah, Coba urutkan para entrepreneur sukses, mana yang dah kaya dari awal? mana yang tidak memulai bisnisnya dari kemiskinan? kalau lulusan SD aja bisa sukses jual bakso, masa ini mahasiswa cuman bisa minta duit doank?

4. Gan, ane mau usaha, tapi dilarang ma ortu dan pasangan?
C'mon guys, hidup itu soal pilihan kadang pembunuh mimpi kita adalah orang terdekat kita, karena mereka terlalu sayang dengan kita, jadi mereka tidak ingin melihat kita gagal, tapi masalahnya bagaimana kita bisa berjalan kalau jatuh saja tidak pernah?

5. Saya tidak punya pengalaman bisnis?
Ini pertanyaan tolol yang juga suka bikin gatel pengen nabok, coba sebutkan hal baru apa yang harus dilakukan dengan pengalaman? pengalaman itu bukan dilahirkan juragan, agan gak akan pernah mendapatkan pengalaman kalau tidak pernah mencoba melakukan sesuatu, bahkan itu untuk berjalan.

Sebelum langkah - langkah kongrit guah selalu punya sebuah motto untuk memulai Bermimpi, Doa, action, action,action", sebelum memulai tentukan dulu mimpi yang ingin agan capai, pastikan bahwa menjadi seorang entrepreneur memang pilihan hidup agan, karena percayalah mental adalah kuncinya...karena dalam perjalanan agan akan mendapatkan 1000 alasan agar agan berhenti berusaha...
 
Nah ini langkah - langkah yang harus agan lakukan untuk memulai bisnis :

 
1. Mulailah dengan menjadi pengamat atau pendengar yang baik. 
Sama kaya PDKT, perlakukan pasar sebagai cewek, dia akan mendekat jika kita mau mendengarkan, dia akan membuka hatinya ketika kita mengenal dirinya lebih baik, dan dari mendengar kita bisa menawarkan sesuatu yang bisa meluluhkan hatinya. Pasar adalah sesuatu yang unik, dan untuk memahaminya, kita hanya perlu mencoba menjadi pengamat yang baik.
 
2. Mulailah dari kebun sendiri, jangan pedulikan kebun tetangga. 
Ketika agan sudah memahami permintaan pasar, mulailah dengan meninvetarisir apa yang kita punya, lalu cocokkan dengan kebutuhan pasar. Misal ternyata di kampus banyak orang tidak bisa membuat power point yang bagus, dan kita punya kemampuan tersebut, kenapa tidak memulai untuk menawarkan jasa? Atau misal kita pegawai pabrik tahu, ternyata banyak sekali limbah tahu yang tidak dioptimalkan, sedangkan banyak peternak di sekitar rumah yang sulit mendapatkan pakan, nah kenapa tidak dihubungkan?
 
3.Nongkrong adalah salah satu asset bangsa Indonesia. 
Serius gan, Indonesia merdeka karena bung Karno itu nongkrong dengan bung Hatta dkk, S*vel laris di Indonesia karena jadi tempat tongkrongan. Artinya lakukan langkah 1 dan 2, lalu kemudian sharing dengan teman -teman agan. Pahami resiko dan peluang lalu cari siapa yang paling bisa diajak kerjasama atau memiliki resource yang agan butuhkan untuk memulai bisnis. Contoh agan mau buka toko snack keliling, ternyata ada teman yang punya mobil yang bisa dipake untuk usaha, itu tandanya untuk kolaborasi.
 
4. Pemikiran keren, tidak akan terlihat keren jika tersimpan dalam otak. 
Ini sama kayak agan ngaku ganteng, tapi muka di kaos kakiin melulu, siapa yang tau? artinya ketika sudah memiliki konsep, patner, dan strategi pemasaran, tuliskan dalam bentuk proposal atau bisnis plan.. klo guah seringnya make bisnis model kanvas, usefull banget. Fungsi bisnis plan juga untuk mencari investor, dan bisnis plan yang baik akan membuat agan lebih percaya diri dalam memulai bisnis.
 
5. Self branding, tapi bukan jual diri. 
Artinya, ketika agan sudah memilih sebuah produk atau jasa mulailah membranding diri sendiri dengan produk atau jasa yg agan geluti, misal agan jual tempe, buat orang mengenal agan sebagai tukang tempe, jadi klo dipanggil sama teman jadi "agan tempe", jadikan apa yang agan jual hal yang bisa mendefinisikan agan, bukan sebaliknya... lakukan penjualan secara sistematis dan anggun dengan melihat berbagai aspek tapi jangan pernah langsung obral besar2an, boleh kasih bonus tapi harus dengan tujuan.
 
6. Jual apa yang agan tahu, bukan apa yang agan ingin.
Banyak pemula yang memiliki percaya diri berlebih dan ego yang tinggi, sehingga dia percaya 100% pada produk yg dia jual adalah yang terbaik, atau konsep bisnis yang dia mulai adalah yang terbaik, padahal itu hasil dari mencotek bisnis orang lain. Seperti awal yang guah bilang, bisnis itu adalah bagaimana memberi, artinya bisnis yang bisa survive adalah bisnis yang mampu memenuhi kebutuhan pasar, bukan yang paling laku. klo agan cuman berpatokan pada laku atau tidaknya sebuah barang, niscaya agan akan terkena sebuah hukum "siklus bosan" atau diserang "siklus bajakan". Artinya mulailah bisnis pertama kita dengan apa yang kita suka sehingga kita paham berbagai macam aspek, agan suka sepeda, mulailah dengan jual spare part sepeda karena agan pasti paham kualitas dan supplier, jangan malah jual smartphone, karena saat ini smartphone lagi laris.
 
7. Lakukan dengan hati dan tetap bermimpi. 
Pada akhirnya, langkah 1 hingga 6 akan menjadi omong kosong, jika agan tidak memiliki daya tahan, ingat sukses itu adalah sebuah proses artinya berkorelasi dengan waktu... instan itu cuman mie..bukan kita... Kenapa harus hati? karena mungkin produk kita banyak yg punya, tapi hati kita tetap milik kita (naun coba ) maksudnya dengan hati adalah beri produk atau jasa agan sebuah diffrensiasi dengan kompetitor, dan menurut guah itu hanya bisa dilakukan dengan hati yg tulus.

Source: Kaskus
 
Sekianupdate informasi kali ini. Semoga bermanfaat dan dapat menginspirasi anda dalam memulai berwirausaha mandiri. Salam.
at 3:52 PM

1 comments:

  1. «KISAH SUKSES HERI »
    Aslamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang properti, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, istri pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja, dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Ternyata benar benar terbukti dan 2Miliar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir dari Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda.” sy sangat berterimakasih banyak kepada AKI ZYEH MAULANA dan jika anda ingin seperti saya silahkan Telefon di 085298275599 Untuk yg di luar indon telefon di +6285298275599,Atau Lihat Di internet ««KLIK DISINI»» saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia.


    PESUGIHAN MENGUNAKAN MINYAK GHAIB

    PENARIKAN UANG MENGGUNAKAN MUSTIKA

    BUAYER ANTIQUE/MUSTIKA

    RITUAL TOGEL/LOTREY

    ReplyDelete

Back to Top