Dropship: Peluang Bisnis Online Praktis Tanpa Modal 2014

 Dropship: Peluang Bisnis Online Praktis Tanpa Modal 2014
Oangterkaya-id.blogspot.com - Dropship adalah sebuah sistem penjualan sebuah produk secara online dimana si penjual/ pengecer tidak harus memiliki modal besar, bahkan tanpa modal sama sekali atau produk sendiri. Sistem dropship berbeda dengan sistem Reseller yang mengharuskan penjual/ pengecer untuk membeli produk kepada si supplier/ pemilik barang untuk stok, lalu kemudian dijual ke konsumen dengan mengambil keuntungan dari selisih harga barang.


Yang menarik dari tren dropshipping ini adalah ketidaktahuan calon pembeli bahwa ia sedang bertransaksi online dengan pengecer yang sebenarnya tidak memegang produk secara fisik. Transaksi semacam ini hanya mungkin terjadi di bisnis dunia maya.

Selain itu, penjual/ pengecer tidak perlu repot untuk mengerjakan proses pengiriman barang kepada si pembeli karena supplier yang akan melakukannya. Enaknya lagi, pada kemasan/ bungkus barang yang dikirim ke pembeli akan ditulis bahwa barang dikirim oleh penjual/ pengecer, jadi kredibilitas kita sebagai dropshipper tetap terjaga dengan baik.

Agar kita sebagai penjual/ pengecer berhasil memasarkan produk dari si supplier, maka kita harus melakukan proses pemasaran baik secara online maupun offline, tapi biasanya cara online lebih efektif bagi sebagian besar orang. Beberapa sarana atau media yang bisa kita gunakan untuk memasarkan produk secara online adalah melalui forum, toko online, blog pribadi, media sosial (Facebook, Twitter), lewat aplikasi messenger smartphone (BBM, Whatsapp, dll), dan media lainnya.

Yang dilakukan seorang dropshipper alias pelaku bisnis dropshipping hanyalah menyebarluaskan informasi produk kepada sebanyak-banyaknya orang. Ketika dropshipper mendapatkan pembeli, ia akan meneruskan pesanan kepada wholesaler.

Si penjual/ pengecer kemudian melanjutkan proses pembayaran tersebut ke supplier barang dan memberikan informasi barang yang dibeli beserta data si pembeli. Penyedia barang atau supplier akan mengemas barang yang dibeli dan mengirimkan barang kepada konsumen atas nama Anda sebagai pengirimnya. Silahkan buka spoiler di bawah ini untuk melihat gambar skemanya:

Dropship: Peluang Bisnis Online Praktis Tanpa Modal 2014

Untung - Rugi Menjalankan Bisnis Dropship
Bisnis dropship ini memang terlihat sangat mudah dikerjakan, bahkan si penjual dapat menjalankan usahanya dari mana saja, yang penting ada koneksi internet dan gadget yang mendukung. Namun, tentunya tiap bisnis memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, begitu juga dengan bisnis dropship ini.

Pihak yang terlibat dalam bisnis dropship mendapatkan keuntungan maupun kerugian tersendiri. Mengutip situs Shopify, seorang dropshipper merasakan beberapa keuntungan berikut.
  1. Modal minim. Nilai lebih dari berbisnis dropship adalah sedikitnya modal yang dibutuhkan. Bahkan, sangat mungkin untuk menjadi dropshipper tanpa modal sama sekali. Tidak menyimpan produk secara langsung artinya dropshipper tidak perlu membeli dari wholesaler. Hal ini tidak dirasakan oleh para reseller. Meskipun konsep bisnisnya mirip, reseller masih harus memiliki modal untuk membeli produk agar bisa mengisi stok barang.
  2. Praktis. Karena tidak perlu memiliki produk secara fisik, dropshipper tidak perlu bersinggungan dengan perencanaan bisnis yang kompleks dan memakan waktu serta tenaga. Dropshipper tidak direpotkan dengan masalah penyimpanan, pengepakan, dan pengiriman produk.
  3. Tidak perlu biaya operasional. Semua pemilik bisnis pasti harus menanggung biaya operasional. Hal ini tidak dirasakan oleh dropshipper. Ia tidak perlu menanggung biaya operasional agar bisnisnya bisa berjalan, misalnya biaya listrik, biaya sewa gedung, atau gaji pegawai.
  4. Anytime, anywhere. Dropshipper bisa menjalankan bisnisnya di manapun dan kapanpun, asalkan koneksi internet tersedia. Komunikasi dengan pemasok dan pembeli dapat tetap terjalin, meskipun dropshipper bekerja secara mobile.
  5. Jenis produk beragam. Karena tidak perlu membeli produk untuk dijadikan stok, dropshipper bisa menawarkan berbagai jenis produk kepada pembeli. Dropshipper bisa menjalin bisnis dengan beragam wholesaler, meskipun jenis produk yang didagangkan para wholesaler tersebut berbeda-beda.
Di sisi lain, tak dapat dipungkiri bahwa menjalankan bisnis dropship memiliki beberapa kekurangan dibanding bisnis online pada umumnya.
  1. Profit sedikit. Dropshipper hanya akan mendapatkan untung yang kecil dari penjualan sebuah produk. Karena wholesaler juga memasarkan produknya kepada pembeli secara langsung, dropshipper tidak bisa menetapkan harga jual yang terlalu jauh dari harga jual yang dipatok wholesaler.
  2. Info stok barang tidak di-update. Karena dropshipper tidak memegang produk yang ditawarkannya, informasi mengenai ketersediaan produk tidak dapat dipantau secara intens. Ada kalanya produk yang ditawarkan dropshipper ternyata sudah terjual lewat dropshipper lain. Sulit untuk melakukan sinkronisasi data ketersediaan produk.
  3. Kesulitan menjual produk yang belum pernah dilihat. Kendala teknik dropshipping muncul ketika calon pembeli menanyakan detail dan spesifikasi produk yang dijual dropshipper. Kebanyakan dropshipper hanya tahu memasarkan, tanpa tahu banyak mengenai seluk beluk produk yang dijualnya. Ketidakmampuan dropshipper untuk menjawab pertanyaan tentang produk akan mengurangi keinginan konsumen untuk melakukan pembelian.
  4. Menjadi ‘tameng’ bagi pemasok. Dropshipper harus bertanggung jawab terhadap kesalahan yang tidak ia perbuat, misalnya di saat wholesaler mengirimkan barang cacat, tidak sesuai keinginan pembeli, atau terlambat mengirimkan barang kepada pembeli. Satu-satunya penghubung bagi pembeli adalah dropshipper. Jika pembeli tidak puas atas layanan wholesaler, dropshipper-lah yang harus menanggung keluhan pembeli.

Tips Singkat Memilih Supplier Untuk Bisnis Dropship

Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan, sebagai dropshipper harus selektif dalam bekerjasama dengan penyedia barang atau supplier. Bisnis ini hanya akan bisa berjalan dengan baik bila dropshipper bekerjasama dengan supplier yang bisa menjamin kualitas pelayanannya.
  1. Pilihlah supplier dari wholesale atau grosiran. Biasanya penjual grosiran tidak mau mengambil untung besar per barang yang dijual, tapi pada banyaknya jumlah barang yang dijual. 
  2. Pilih supplier yang sudah memiliki sistem yang sudah jelas, mulai dari proses pemesanan, proses pengecekan barang, proses konfirmasi pembelian, hingga proses pengemasan dan pengiriman barang ke konsumen. 
  3. Pilihlah supplier yang mudah dihubungi. Namun, kita harus mengerti bahwa supplier biasanya tidak mau berlama-lama untutk menerima telepon atau chating dengan Anda karena mereka harus melayani banyak dropshipper lainnya. 
  4. Biasanya supplier akan menanyakan nama dropshipper dan nama toko online si dropshipper. Ini diperlukan untuk data pengirim barang ke si pembeli, supplier akan menuliskan nama atau toko online si dropshipper di kemasan barang yang dikirim ke pelanggan.
Sumber Referensi: http://www.maxmanroe.com

___
Selengkapnya: Download Ebook Gratis Panduan Raih 15 Juta/Bulan dari Dropshipping Versi PDF Klik DISINI
___

Admin sendiri saat ini menjadi dropship jersey, kaos dan jaket bola modal fanspage facebook. Hasilnya cukup lumayan meski hanya sewaktu-waktu saja elakukan promosi juala di fanspage. Sekian update informasi kali ini seputar Bisnis Dropship: Peluang Bisnis Online Praktis Tanpa Modal Terkini 2014. Semoga bermanfaat untuk anda semua. Salam.
at 5:12 AM

1 comments:

  1. «KISAH SUKSES HERI »
    Aslamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang properti, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, istri pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja, dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Ternyata benar benar terbukti dan 2Miliar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir dari Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda.” sy sangat berterimakasih banyak kepada AKI ZYEH MAULANA dan jika anda ingin seperti saya silahkan Telefon di 085298275599 Untuk yg di luar indon telefon di +6285298275599,Atau Lihat Di internet ««KLIK DISINI»» saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia.


    PESUGIHAN MENGUNAKAN MINYAK GHAIB

    PENARIKAN UANG MENGGUNAKAN MUSTIKA

    BUAYER ANTIQUE/MUSTIKA

    RITUAL TOGEL/LOTREY

    ReplyDelete

Back to Top