10 Tips Keuangan Sederhana agar Raih Sukses Masa Depan

10 Tips Keuangan Sederhana agar Raih Sukses Masa Depan

Orangterkaya-id.blogspot.com - Financial Planner mengelola keuangan pribadi dan keluarga. Mengambil langkah awal dalam dalam merencanakan keuangan adalah hal yang cukup membingungkan. Dua hal yang umum direkomendasikan adalah mengawalinya dengan menabung dan berinvestasi.


Namun perlu diketahui bahwa selain kedua hal mendasar tersebut, ada beberapa langkah lagi yang sebaiknya dipertimbangkan agar strategi keuangan yang direncanakan menguntungkan dan terlindungi di masa depan.

Berikut ini adalah 10 tips finansial keuangan sederhana yang perlu dilakukan untuk meraih sukses di masa depan :

1. Persiapkan Asuransi Pribadi
Pastikan Anda memiliki asuransi jiwa yang baik sebagai pengganti penghasilan dan pembayaran cicilan utang, biaya perguruan tinggi, dan kebutuhan khusus lainnya.

Pertimbangkan juga asuransi kecelakaan, karena biaya tak terduga akibat kecelakaan dapat menguras finansial Anda. Bila memungkinkan, miliki asuransi pribadi sehingga ada manfaat seperti bebas pajak, daripada menggunakan asuransi perusahaan yang memberikan penghasilan kena pajak.

Pertimbangkan payung hukum yang dapat mengatasi permasalahan sebelum terjadi kecelakaan yang tak terduga atau tuntutan hukum.

2. Persiapkan Asuransi Bisnis
Apakah bisnis Anda merupakan penyumbang utama pemasukan? Apakah bisnis Anda berisiko tinggi? Bayangkan kesulitan yang mungkin Anda temui jika tiba-tiba bisnis tersebut mengalami masalah dan Anda tidak memiliki asuransi untuk menutupinya.

3. Persiapkan Dana Pensiun
Asuransikan diri Anda terlebih dahulu. Setelah itu siapkan sebagian dana untuk pensiun. Sebagian besar perusahaan juga akan menyisihkan dana untuk setiap karyawannya sesuai dengan kontribusi mereka di perusahaan.

4. Miliki Aset
Pastikan Anda sudah mulai mencicil aset untuk masa depan dari sekarang. Aset-aset tersebut bisa berupa properti, investasi, atau tabungan. Jangan berupa barang elektronik atau sejenisnya, karena nilainya akan semakin turun dari tahun ke tahun.

5. Tentukan Tingkat Suku Bunga Atas Hutang Jangka Panjang
Tingkat suku bunga akan naik turun. Sebisa mungkin hindari utang dengan suku bunga floating (berubah, tidak tetap), seperti kartu kredit atau pinjaman tanpa agunan. Usahakan cari pinjaman yang memiliki tingkat bunga tetap agar tidak berisiko tinggi.

6. Pahami Risiko Investasi
Hindari investasi jangka panjang, obligasi yang punya tingkat bunga tinggi. Jangan menaruh dana lebih dari lima persen atas portofolio Anda dalam kepemilikan tunggal atau satu jenis investasi.

Jika Anda melakukannya, jaga baik-baik investasi tersebut. Memburu investasi dengan tingkat suku bunga rendah tidak menjadi masalah, karena dalam investasi, hasil tinggi memiliki risiko tinggi dan bisa berarti kerugian besar jika Anda tidak bisa berinvestasi yang benar.

7. Bangun Manfaat Semasa Hidup
Banyak orang berencana menyediakan uang dengan jumlah yang cukup besar untuk beramal atau biaya sekolah. Pertimbangkan juga untuk membayar pajak lebih awal, karena pajak memberikan aliran pendapatan dan memberikan manfaat semasa kita hidup.

8. Penyuluhan Finansial Bagi Keluarga
Banyak sekali pasangan suami istri yang membiarkan anggota keluarga lainnya kebingungan saat salah satu atau keduanya meninggal. Mendidik dan memberikan penyuluhan finansial kepada anak-anak sejak dini dapat mengantisipasi situasi yang akan terjadi jika suatu saat nanti mereka ditinggalkan kedua orang tuanya.

9. Persiapkan Dana Darurat yang Mudah Dicairkan
Persiapkan anggaran dana untuk biaya yang tak terduga atau saat kondisi pasar sedang buruk sehingga Anda tidak panik saat pasar terpuruk. Miliki sdana darurat setidaknya 12 bulan untuk mengantisipasi hal tersebut.

10. Hindari Gaya Hidup yang Melampaui Kemampuan Anda
Ketahui dan sadari batas kemampuan Anda, hindari gaya hidup berlebihan yang membutuhkan pengeluaran lebih besar dari apa yang Anda dapatkan, sehingga hidup Anda tidak terpuruk dan terlilit hutang. (Sumber: http://www.acc.co.id / various sources / image: google.com)
Sekian update informasi kali ini seputar 10 Tips Keuangan Sederhana agar Raih Sukses Masa Depan. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi perencanaan finansial anda di masa mendatang. Salam.
at 12:12 AM

Belum ada komentar untuk "10 Tips Keuangan Sederhana agar Raih Sukses Masa Depan"

Post a Comment

Back to Top